APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Gejala Penyakit Asma Yang Sering Muncul!
PDPI Lampung & Bengkulu, 02 Jan 2018 15:53:03

Gejala Penyakit Asma Yang Sering Muncul!
 
Asma sesak nafas
i0.wp.com


Paru-paru terletak pada rongga dada, berbentuk kerucut yang ujungnya berada di atas tulang iga pertama dan dasarnya berada pada diafragma. Paru terbagi menjadi dua yaitu, paru kanan dan paru kiri. Paru-paru kanan mempunyai tiga lobus sedangkan paru paru kiri mempunyai dua lobus.

Paru terletak pada sebuah ruangan di tubuh manusia yang di kenal sebagai cavum thoraks. Karena paru memiliki fungsi yang sangat vital dan penting, maka cavum thoraks ini memiliki dinding yang kuat untuk melindungi paru, terutama dari trauma fisik.

Cavum thoraks memiliki dinding yang kuat yang tersusun atas 12 pasang costa beserta cartilago costalisnya, 12 tulang vertebra thoracalis, sternum, dan otot – otot rongga dada. Otot – otot yang menempel di luar cavum thoraks berfungsi untuk membantu respirasi dan alat gerak untuk extremitas superior.

Penyakit Asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma tergolong penyakit kronis apabila secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga seseorang atau penderita mengalami kesulitan untuk bernapas.

Ketika penderita mengalami serangan asma, hal ini pertanda bahwa telah terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan dinding pada bagian dalam dari saluran pernapasan membengkak.

Dengan terjadinya pembengkakan tersebut menyebabkan ukuran saluran udara mengecil sehingga penderita Asma mengalami kesulitan pada saat bernapas.

Penyebab Penyakit Asma
Adapun faktor yang dapat menjadi penyebab penyakit asma seperti:

Adanya faktor karena infeksi virus
Ada dua jenis virus yang sangat paling sering menyebabkan terjadinya penyakit asma adalah rhinovirus (RSV) dan virus influenza A, dan keduanya merupakan macam virus penyebab penyakit flu. Dan virus-virus tersebut dapat bekerja dengan cara menginfeksi adanya saluran pernapasan sehingga dapat menyebabkan peradangan.

Sedangkan peradangan dan infeksi ini dapat mengganggu adanya aliran udara yang akan masuk ke dalam paru-paru, hal tersebut akan membuat penderita asma akan kesulitan disaat bernapas. Adanya suatu penelitian yang menyatakan bahwa sekitar 40% serangan penyakit asma akan terjadi pada orang dewasa yang dapat disebabkan oleh infeksi virus.

Baca juga : Lakukan Ini Jika Asma si Kecil Kambuh saat Liburan

Faktor adanya suatu alergi
Beberapa macam adanya alergi dapat memicu adanya penyakit asma dengan menggunakan cara menginfeksi sistem saluran pernapasan, contohnya seperti debu, bulu hewan, serbuk pada sari tumbuhan, dan sapura.

Selain itu juga ada beberapa jenis makanan penyebab adanya alergi karena dapat menimbulkan penyakit asma seperti pada kacang tanah, susu, telur, kedelai, gandum, polong-polongan, dan ayam kalkun. Karena keberadaan senyawa seperti sulfur dan histamin pada makanan-makanan tersebut dapat memperburuk kesehatan pada penderita asma.

Gejala Penyakit Asma
Serangan asma adalah episode di mana otot yang mengelilingi saluran udara dipicu untuk mengencang. Pengencangan otot napas ini disebut bronkospasme. Selama serangan itu, lapisan saluran udara menjadi bengkak atau meradang dan sel-sel yang melapisi saluran udara menghasilkan lebih banyak lendir lebih dari biasanya.

Gejala dari serangan asma meliputi:

Sakit Kepala
Kurangnya asupan oksigen ke dalam seluruh tubuh termasuk ke dalam kepala akan menjadikan kepala mudah sakit dan anda juga mungkin akan mudah mengantuk.

Namun hal ini merupakan hal biasa, sebaiknya anda tetap melakukan olah pernafasan saat anda mengalami sakit kepala jangan sedikit-sedikit minum obat yang akan membuat anda menjadi kecanduan bahkan bisa berbahaya dalam jangka panjang.

Iritasi tenggorokan
Kebanyakan kasus bahwa jika seseorang mengalami iritasi tenggorokan merupakan ciri dari gejala penyakit asma, iritasi pada tenggorokan ini disebabkan karena saluran pernapasan tersumbat lendir.

Batuk
Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas.

Batuk jarang mengindikasikan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Namun, apabila batuk belum sembuh dalam kurun waktu tiga minggu, hati-hati itu merupakan gejala awal timbulnya penyakit asma.

Sakit dada
Organ paru-paru ada di bagian dada, dan ketika anda sering mengeluh sakit disekitar dada anda, maka bisa jadi kalau anda terkena asma. Asma merupakan penyakit dengan kerusakan organ paru-paru, meski begitu, anda harus tetap memeriksanya ke dokter, karena dikhawatirkan sakit di dada anda bukan asma, melainkan penyakit lain selain asma.

Gejala lain yang mungkin dialami seperti:
– Kesulitan berbicara,
– Tarikan otot bantu pernapasan seperti otot leher, otot dada, dan tulang rusuk yang tampak naik turun akibat upaya napas yang berlebih,
– Perasaan cemas atau panik,
– Pernapasan Sangat cepat,
– Pucat, wajah berkeringat dingin,
– Mengi parah ketika bernapas baik ketika tarik napas maupun mengeluarkan napas,
– Bibir biru atau kuku menjadi biru, yang dikenal dalam medis sebagai sianosis.



Sumber Berita : http://www.autoimuncare.com/gejala-penyakit...
Sumber Gambar : https://i0.wp.com/sehat-natural.com/...
autoimuncare.com, 02 Januari 2018
MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018