APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
6 Gejala Kanker Paru-paru yang Sering Dialami Non-Perokok
PDPI Surakarta, 06 Mar 2018 14:59:26

Rokok menjadi penyebab utama kanker paru-paru. Namun, bukan berarti non perokok tak memiliki risiko penyakit ini.

Jumlah penderita kanker paru-paru yang tidak merokok semakin meningkat. American Cancer Society memperkirakan, 20 persen kematian akibat kanker paru-paru terjadi pada mereka yang tidak pernah merokok.

Paparan zat berbahaya menjadi pemicunya. Misalnya, Anda mungkin pernah berada di sekitar gas radon, karsinogen seperti asbes, atau bekas asap rokok.

Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda kanker paru-paru selain batuk yang disertai darah karena banyak penderita yang tidak mengetahui dirinya terkena kanker.

1. Mengi

Mengi juga bisa disebabkan oleh penyumbatan kanker di jalan napas. Bila jalan napas menyempit, udara bisa memicu suara mengi saat ia bergerak.

2. Nyeri dada

Dinding dada memiliki banyak ujung serat saraf. Kanker paru-paru yang menyerang dinding dada Anda bisa menyebakan rasa sakit yang cukup parah. Mungkin juga dapat bertambah parah ketika mengambil napas yang dalam, batuk atau tertawa.


Baca juga : Awal Mula Sel Kanker Bersarang di Paru - Paru


3. Suara serak

Suara serak atau lemah bisa menjadi indikator lain dari kanker paru-paru. Jika tumor menekan saraf laring yang terletak di antara trakea dan kerongkongan di bawah aorta Anda, ini bisa membuatnya lumpuh dan mengganggu pita suara.

4. Sesak napas

Sesak napas bisa menunjukkan bahwa ada penyumbatan. Misalnya, tumor yang mencegah Anda mendapatkan cukup udara ke paru-paru.

Tapi, ini juga bisa menandakan adanya akumulasi cairan antara paru-paru dan dinding dada. Hal ini terjadi ketika kanker menyerang limfatik dan struktur vena yang bertanggung jawab untuk membiarkan cairan keluar dari dada. Jika ada penyumbatan di sini, cairan tidak akan bisa keluar, sehingga bisa menumpuk. Kondisi ini mendorong paru-paru dan tidak membiarkannya berkembang.

5. Beberapa pneumonia

Beberapa serangan pneumonia bisa jadi karena kanker memblokir saluran udara yang lebih kecil di paru-paru, sehingga ia menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri untuk berkembang. Ini dapat menyebabkan infeksi.

6. Terjadi pembengkakan atau bertambah gemuk

Kanker paru-paru juga dapat menyebabkan beberapa sindrom yang tampaknya tidak terkait dengan paru-paru. Kanker di bagian atas paru-paru Anda dapat menekan saraf yang mengarah ke mata dan wajah Anda, sehingga dapat menyebabkan kelopak mata melemah, pupil mengecil atau mengurangi keringat di satu sisi wajah.

Tumor yang menekan vena cava bisa menyebabkan cadangan darah sehingga membuat bengkak di wajah, leher, lengan dan dada bagian atas, serta sakit kepala. Beberapa kanker paru-paru juga mengeluarkan zat mirip hormon yang mempengaruhi organ lain.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018