APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Orang Asma Berpotensi Miliki Masalah Kesehatan Mental Lho
PDPI Sulawesi Selatan & Utara, 27 Apr 2018 17:17:02

Apakah Anda memiliki asma atau hay fever atau yang disebut juga alergi rhinitis? Jika iya, hati-hati, Anda kemungkinan miliki masalah kesehatan mental.

Dilansir dari Mirror Online (23/4), para peneliti dari Tri-Service General Hospital di Taiwan menemukan 11 orang dengan penyakit alergi umum ini mengembangkan gangguan kejiwaan dalam jangka 15 tahun. Sebagai perbandingan, hanya 6,7 persen orang tanpa asma atau hay fever yang mengembangkan gangguan kejiwaan.

Asma, hay fever dan dermatitis atopik (eksim) sering disebut sebagai Three As. Dan pemimpin penelitian mengatakan, pasian dengan Three As lebih menderita secara emosional.


Baca juga : Benarkah Asma Bisa Sebabkan Kanker Paru?


“Sebagai seorang dokter, saya mengamati bahwa beberapa pasien dengan Three As tampaknya menderita secara emosional. Oleh karena itu, saya ingin mengklarifikasi apakah penyakit alergi ini terkait dengan gangguan kejiwaan,” ungkap Dr Nian-Sheng Tzeng.

Dalam studi tersebut, para peneliti menggunakan database besar asuransi kesehatan di Taiwan, yang mencakup periode 15 tahun. Analisis mereka mengungkapkan dalam periode tersebut, 10,8 persen orang dengan penyakit alergi mengembangkan gangguan kejiwaan.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018