APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Yuk Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Makanan Ini!
PDPI Sumatera Utara, 30 Apr 2018 15:00:02

Kanker paru-paru menjadi penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dunia. Orgaisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, pada tahun 2015 terdapat hampir 1,7 juta orang yang didiagnosis kanker paru-paru.

Data World Cancer Research Fund menyebutkan, terdapat 1,59 juta orang yang meninggal setiap tahunnya akibat kanker paru-paru. Dari jumlah itu, hampir setengahnya terjadi di negara berkembang.

Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting. Langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah menghindari polusi. Selain itu, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat menjaga kesehatan paru-paru. Apa sajakah makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru?

Inilah lima makanan yang paling baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru, dilansir dari Health.com:

1. Flaxseed

Biji rami ini memiliki kandungan asam omega-3 yang tinggi. Omega 3 telah diteliti memiliki kandungan yang baik untuk paru-paru. Selain itu kandungan magnesium yang tinggi pada flaxseed terbukti mampu merelaksasi otot di sekitar bronkus sehingga jalur pertukaran udara semakin lancar.

2. Kopi

Kandungan kafein pada kopi mampu memberi efek bronkodilator yang mampu meningkatkan aliran udara pada paru-paru. Kondisi ini tentu sangat baik untuk mendukung fungsi organ paru. Manfaat tersebut akan nampak setelah empat jam mengonsumsi kopi.


Baca juga : 8 Makanan yang Baik untuk Paru-parumu


3. Wortel

Seperti yang kita ketahui wortel memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang mampu berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan pada wortel mampu mendukung pencegahan berbagai penyakit termasuk pada paru-paru. Pigmen warna pada buah wortel disebut sangat baik dikonsumsi penderita asma.

4. Melon

Kandungan vitamin C pada buah melon mampu melawan radikal bebas. Sama seperti wortel, melon dianjurkan dikonsumsi untuk mengatasi kondisi asma.

5. Apel

Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi apel lebih dari 3 butir dalam sehari memiliki risiko 32 persen lebih rendah mengalami gangguan pada paru-parunya misalnya asma. Selain itu kandungan antioksidan flavonoid yang memiliki senyawa khellin disebut mampu melancarkan aliran udara pada paru-paru.

Lima makanan dan minuman di atas bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan paru-paru. Yuk, jaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan di atas.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018