APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Berpuasa Memberikan Efek Baik Bagi Kesehatan Paru-Paru
PDPI Jatim, 24 Mei 2018 16:45:07

Berpuasa sangat bermanfaat bagi tubuh kita, menjelang puasa Ramadhan, ini manfaat yang akan di terima untuk Feders yang menjalankan puasa.

Menurut Prof Tjandra Yoga Aditama, Guru Besar Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, yang disarikan dari laman Liputan6.com, selain pencernaan, paru-paru menjadi organ yang mendapatkan manfaat dari berpuasa.

Sebagian besar penelitian menunjukan bahwasannya faal atau fungsi paru dan pernapasan tidak memiliki perbedaan sebelum dan sesudah puasa Ramadhan.

Tapi salah satu penelitian menyebutkan bahwa adanya perbaikan volume paru. 

Penelitian yang berlangsung di Arab ini menunjukan hal tersebut karena diduga adanya perbaikan berat badan.

Dengan berpuasa kecanduan akan rokok pastinya akan berkuarang drastis, ini membuat paru-paru menjadi lebih sehat, makin sehat jika ini dilanjutkan sampai setelah puasa Ramadhan selesai.

Penelitian lain menyebut puasa ramadhan memberikan ketenangan dan kedamaian, hal ini berpengaruh baik bagi kesehatan paru dan pernapasan. 

Penelitian di Universitas Brawijaya yang dipublikasi secara internasional menemukan, puasa Ramadan pada orang sehat menyebabkan sistem imun terhadap penyakit tuberkulosis melalui peran makrofag dan sel mononuklear darah tepi untuk mengatasi penurunan kemampuan serum membunuh bakteri tuberkulosis.

Selamat menjalankan ibadah puasa