APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Sering Dianggap Sepele, Ternyata Flu Bisa Jadi Awal Penyebab Penyakit Mematikan
PDPI Sumatera Utara, 25 Jun 2018 15:29:09

Influenza atau lebih dikenal dengan flu merupakan penyakit umum yang dapat terjadi pada siapa saja. Bagi sebagian orang flu akan membuat kita harus beristirahat selama beberapa hari dengan kondisi demam dan menggigil. Meski hal tersebut mengganggu aktivitas, tak sedikit yang memilih membiarkan flu tanpa berkonsultasi ke dokter. Namun, tahukah jika ternyata flu merupakan salah satu penyakit yang berbahaya.


Flu juga bisa menyebabkan komplikasi jika si penderita memiliki riwayat penyakit ginjal, gangguan darah, dan penyakit jantung. Selain beberapa penyakit komplikasi tersebut, ternyata flu juga bisa menjadi awal penyebab penyakit pneumonia. Pneumonia atau radang paru merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Pneumonia atau radang paru merupakan infeksi yang terjadi karena salah satu atau kedua paru-paru terdapat bakteri, jamur, atau virus yang telah menginfeksinya.


Dalam keadaan seperti ini, akan terjadi peradangan pada paru yang menghambat proses pernapasan. Peradangan ini menimbulkan gelembung udara pada paru-paru yang berisikan cairan. Sama seperti flu, gejala pneumonia yang paling umum adalah batuk, demam, menggigil, dan sesak nafas. Untuk menghindari penyakit ini, lebih baik jika sedang mengalami flu, kita harus tetap berkonsultasi dengan dokter.


Kita bisa memastikan apakah flu yang kita derita merupakan flu yang wajar atau bisa mengarah ke pneumonia. Hal tersebut akan memudahkan pengobatan penyakit jika sudah terdeteksi sejak dini. Biasanya, pengobatan untuk penyakit paru ini akan berlangsung sekitar satu tahun. Hal tersebut karena bakteri dan peradangan paru harus benar-benar hilang dan paru-paru bersih dari gelembung udara atau cairan.


Pneumonia atau radang paru merupakan infeksi yang terjadi karena salah satu atau kedua paru-paru terdapat bakteri, jamur, atau virus yang telah menginfeksinya. Dalam keadaan seperti ini, akan terjadi peradangan pada paru yang menghambat proses pernapasan. Peradangan ini menimbulkan gelembung udara pada paru-paru yang berisikan cairan.


Sama seperti flu, gejala pneumonia yang paling umum adalah batuk, demam, menggigil, dan sesak nafas. Untuk menghindari penyakit ini, lebih baik jika sedang mengalami flu, kita harus tetap berkonsultasi dengan dokter. Kita bisa memastikan apakah flu yang kita derita merupakan flu yang wajar atau bisa mengarah ke pneumonia. Hal tersebut akan memudahkan pengobatan penyakit jika sudah terdeteksi sejak dini. Biasanya, pengobatan untuk penyakit paru ini akan berlangsung sekitar satu tahun.


Hal tersebut karena bakteri dan peradangan paru harus benar-benar hilang dan paru-paru bersih dari gelembung udara atau cairan.