APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Benarkah Sering Keluar Malam Bisa Kena Paru-paru Basah?
PP-PDPI, 05 Jul 2018 22:34:51

Banyak yang percaya bahwa jika Anda sering keluar di malam hari, Anda bisa kena paru-paru basah. Apalagi kalau Anda tidak mengenakan baju yang cukup hangat, namun benarkah angin malam menyebabkan paru-paru basah?

Anda juga mungkin percaya bahwa angin malam bikin paru-paru basah. Pada kenyataannya, paru-paru basah hanya bisa disebabkan oleh berbagai penyakit dan kondisi yang sudah disebutkan di atas. Kena angin di malam hari tidak bisa bikin paru-paru atau pleura Anda kelebihan cairan.

Akan tetapi, beberapa penyebab paru-paru basah adalah virus dan bakteri, misalnya Streptococcus pneumoniae (penyebab pneumonia) atau Mycobacterium tuberculosis (penyebab tuberkulosis).

Kedua penyakit menular ini disebarkan melalui udara, alat makan, dan kontak dengan orang yang sudah terinfeksi. Siapa pun bisa tertular penyakit-penyakit ini, terutama orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Udara di malam hari memang lebih rentan menyebabkan infeksi bakteri atau virus. Bukan karena ada lebih banyak organisme yang hidup di malam hari, tetapi karena reaksi tubuh Anda sendiri terhadap udara dan angin di malam hari.