APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
5 Cara agar Paru-paru Anda Selalu Sehat
PDPI Jatim, 11 Jul 2018 14:41:21

Pernapasan adalah salah satu sistem penting di dalam tubuh. Secara sederhana, bernapas dapat diartikan sebagai kegiatan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Aktivitas ini tentu saja melibatkan organ paru-paru.

Oksigen yang dihirup selanjutnya akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah. Kemudian akan digunakan untuk proses metabolisme di dalam setiap sel tubuh.

Dalam proses pernapasan, paru-paru menjadi organ yang memiliki peranan utama. Jika ada masalah pada organ ini, tentu akan mengganggu fungsi pernapasan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan paru-paru Anda dalam keadaan sehat. Berikut ini adalah beberapa cara agar paru-paru Anda selalu sehat.

1. Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menjaga kesehatan paru-paru Anda, misalnya saja olahraga bersifat aerobik. Olahraga jenis ini berguna untuk  meningkatkan kapasitas paru.

Selama berolahraga, frekuensi pernapasan akan meningkat. Keadaan ini dapat memacu paru-paru untuk melakukan proses pernapasan lebih aktif, sehingga dapat memaksimalkan kemampuan fungsi paru-paru dalam bekerja secara efisien. Kemampuan bernapas yang terlatih saat olahraga tersebut dapat pula meningkatkan fungsi paru-paru yang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

2. Hindari paparan polusi

Paparan terhadap zat polutan di udara dapat merusak jaringan paru-paru. Ketika jaringan rusak, maka akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk melindungi diri dari polusi udara, Anda dapat melakukan beberapa upaya, seperti hindari asap rokok, hindari tempat yang padat kendaraan, menggunakan masker, atur ventilasi rumah dengan baik, dan pastikan lingkungan rumah bebas kotoran dan debu,

Jika Anda bekerja, pastikan tempat kerja melindungi Anda dari paparan polusi yang ada di tempat kerja, sesuai standar prosedur keselamatan kerja, misalnya di pabrik.

3. Berhenti merokok

Merokok terbukti menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Tidak hanya itu, merokok juga dihubungkan dengan kejadian beberapa penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronik, asma, dan fibrosis paru.

Merokok dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah sesak napas. Kebiasaan merokok juga akan menyebabkan peradangan kronis pada jaringan paru. Selain itu, lama-kelamaan merokok dapat merusak jaringan paru dan mencetuskan pertumbuhan sel kanker.

4. Menghindari infeksi

Sebagai salah satu organ yang masuk dalam sistem pernapasan, paru-paru lebih berisiko mengalami infeksi karena lebih mudah terpapar dengan komponen dari lingkungan luar, yaitu udara. Oleh karena itu, alangkah baiknya mencegah terjadinya infeksi dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun, menghindari orang-orang yang sedang mengalami infeksi saluran pernapasan, menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta mendapatkan vaksinasi.

5. Konsumsi asupan sehat

Asupan sehat yang kaya nutrisi dapat membantu menjaga kesehatan organ paru-paru Anda. Mencukupi asupan cairan dan serat seperti buah dan sayuran dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, sistem kekebalan tubuh yang baik dapat melindungi tubuh dari gangguan luar tubuh, termasuk organ paru-paru.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan agar paru-paru Anda selalu sehat. Jika memiliki masalah dengan saluran pernapasan, segera periksakan diri ke dokter, sebelum masalah berlanjut dan mengganggu fungsi saluran pernapasan Anda secara keseluruhan.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018