APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Doyan Cabai Merah? Ini Manfaatnya untuk Paru-paru Anda
PP-PDPI, 09 Apr 2019 05:34:51

Cabai merah selama ini memiliki stigma yang negatif, salah satunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Namun, sebuah studi yang dilansir dari Medical Daily menunjukkan, ternyata cabai merah punya manfaat dalam memerangi kanker paru-paru.

Berdasarkan penelitian tersebut, senyawa capcaisin yang berada di dalam cabai merah dapat memperlambat penyebaran kanker paru-paru. Para peneliti juga menemukan bahwa capcaisin dapat menghentikan sel kanker hidup dari jaringan lainnya.

"Di dalam studi kami, senyawa alami capcaisin dari cabai menjadi terapi baru untuk menekan penyebaran sel kanker (metastasis) pada pasien kanker paru-paru," kata peneliti dari Fakultas Kedokteran Marshall University, Joan C. Edwards School of Medicine, Jamie Friedman.

Selain baik untuk obat kanker, rupanya cabai merah punya sejumlah manfaat lain yang perlu diketahui sebagaimana dikutip dari MedicalDaily.

1. Mengurangi Migrain

Capcaisin juga dapat mengurangi sakit kepala baik karena migrain atau sinus. Senyawa ini mampu memblokir neuropeptida yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

2. Menyembuhkan Penyakit Usus

Menurut sebuah studi, capcaisin mampu menyembuhkan penyakit radang usus. Senyawa capcaisin membantu melawan bakteri dan mencegah tukak atau luka pada lambung.

3. Mengatasi Peradangan

Para ahli mengungkapkan bahwa senyawa capcaisin berpotensi sebagai obat untuk radang sendi, radang kulit (psoriasis) dan kerusakan saraf akibat diabetes (neuropati diabetik).

4. Mencegah Sinusitis

Senyawa capcaisin menawarkan zat yang mengandung antibakteri yang berguna melawan infeksi sinus kronis. Selain itu juga memicu sekresi yang membantu membersihkan lendir di dalam hidung agar tidak tersumbat.

5. Menurunkan Berat Badan

Di sampng menekan berbagai risiko kesehatan, makan cabai bisa mengurangi penumpukan lemak. Capcaisin merupakan makanan yang termogenik. Artinya, membutuhkan banyak kalori untuk mencernanya. Sehingga, saat mengonsumsi cabai dapat sekaligus melakukan proses pembakaran kalori.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018