APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Selain Merokok, Ini 5 Kebiasaan yang Merusak Paru-paru
PDPI Jatim, 09 Mei 2019 07:01:48
Paru-paru adalah organ yang luas namun memiliki permukaan yang rapuh. Fungsi paru-paru untuk mengambil oksigen dan membersihkan darah dari kotorannya. Selain itu, paru-paru membantu fungsi otak dengan baik.

Masalahnya, kesibukan dan aktivitas yang dijalani dapat membuat Anda berhenti bernapas dengan benar dan seringkali tanpa disadari melakukan kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kesehatan paru-paru Anda.

Ada berbagai macam penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, dan peradangan di paru-paru atau saluran pernapasan. Penyakit ini tidak berkembang sendiri. Mereka sering dikaitkan dengan kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari dan ini bisa berakibat pada rusaknya patu-paru.
 
Ada lima kebiasaan yang dapat merusak paru-paru Anda. Hindari kebiasaan berbahaya ini dan bikin paru-paru menjadi lebih kuat.

1. Kurang olahraga


Olahraga membantu paru-paru membawa lebih banyak oksigen. Jika tidak berolahraga, kesehatan paru-paru Anda akan terpengaruh secara negatif.
 
Selain dapat memberikan energi, olahraga juga merangsang sistem saraf dan membantu menghilangkan karbondioksida dalam paru-paru.

2. Stres


Pikiran dapat memicu stres yang membuat Anda bisa bernapas dengan tidak benar. Jadi, hindari pikiran yang berat dan luangkan waktu beberapa menit sehari untuk menghirup dan menghembuskan napas perlahan.
 
Tenangkan diri Anda lalu lakukan tarikan napas panjang lalu hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali sampai Anda merasa lebih baik. Cara ini dapat membuat oksigen memasuki paru-paru dan saluran udara menjadi lebih baik.


3. Merokok


Sudah banyak diketahui bahwa merokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit paru-paru. Rokok mengandung nikotin yang memengaruhi fungsi paru-paru dan merupakan faktor utama kanker paru-paru.

4. Jarang membersihkan rumah dan ruangan kerja


Partikel-partikel debu yang terkumpul di rumah atau ruang kerja yang jarang dibersihkan, dapat masuk ke dalam saluran pernapasan dan membatasi sirkulasi oksigen.

5. Pola makan yang buruk


Makanan yang tak sehat dapat memengaruhi kesehatan paru-paru secara negatif atau merusak paru-paru. Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral untuk memperkuat paru-paru dan saluran udara yang diperoleh dari makanan sehat.
 
Selalu sertakan buah dan sayuran dalam menu makanan Anda untuk membantu tubuh memproses oksigen. Pilih makanan yang kaya vitamin C dan E seperti buah jeruk, alpukat dan kacang-kacangan.
MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018