APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Paru-paru
PDPI Sumatera Utara, 10 Mei 2019 08:58:33

Manfaat berpuasa memang terbukti baik bagi kesehatan organ tubuh, khususnya untuk kesehatan organ pencernaan. Tapi tahukah Anda, bahwa tidak hanya sistem pencernaan saja yang mendapatkan dampak baik berpuasa? Organ tubuh lainnya seperti paru juga mengalami perbaikan selama berpuasa. Berikut beberapa manfaat berpuasa yang berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru dan pernapasan.

Perbaikan volume paru
Sebuah penelitian di Saudi Arabia menyatakan bahwa, terdapat perbaikan volume paru-paru pada saat bulan berpuasa. Hal ini terjadi karena banyak orang yang mengalami perbaikan berat badan selama berpuasa sebulan penuh.

Waktu untuk berhenti merokok
Saat berpuasa, mau tidak mau Anda tidak bisa melakukan kegiatan merokok seperti biasanya. Dengan berkurangnya kebiasaan ini, maka akan berdampak pada kesehatan paru-paru Anda. Bahkan, momen berpuasa ini bisa dijadikan waktu Anda untuk belajar berhenti merokok.

Mengurangi risiko tuberkulosis (TB)
Penelitian di Universitas Brawijaya yang dipublikasi secara internasional menemukan fakta bahwa, puasa mampu membuat sistem imun tubuh tahan terhadap penyakit tuberkulosis. Puasa juga dipercaya dapat mengurangi risiko terinfeksi tuberkulosis.

Ketenangan hidup
Banyak penelitian menunjukkan bahwa, berpuasa dapat memberi kedamaian dan ketenangan hidup. Karena saat berpuasa, Anda harus menjaga emosi agar tidak membatalkan puasa. Usaha untuk meredam amarah tersebut ternyata berpengaruh baik bagi kesehatan paru-paru dan pernapasan.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018