APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
5 Manfaat Puasa Bagi Organ Paru-Paru
PDPI Sulawesi Selatan & Utara, 13 Mei 2019 18:49:34

Kata ahli, puasa sebagai aktivitas menahan lapar dan haus selama beberapa waktu bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mungkin, manfaat puasa yang lebih sering dikenal adalah menurunkan berat badan. Padahal, manfaat puasa tidak cuma itu. Puasa juga bermanfaat bagi organ-organ tubuh, terutama paru-paru. Berikut manfaat puasa bagi organ paru-paru:

1. Memperbaiki Volume Paru

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat utama puasa bagi kesehatan paru-paru adalah perbaikan volume paru. Ini terjadi karena sebagian besar orang yang mengalami perbaikan berat badan selama berpuasa sebulan penuh berdampak pula pada peningkatan volume paru-paru.

2. Detoksifikasi

Kita terpapar berbagai racun setiap hari melalui udara yang dihirup, air yang diminum, dan makanan yang dimakan. Beberapa racun yang mungkin kita dapat sehari-hari adalah fluoride, timbal dan klorin. Racun seperti ini biasanya disimpan dalam timbunan lemak di tubuh dan seiring berjalannya waktu racun dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Namun, saat menjalankan ibadah puasa, tubuh dapat memecah timbunan lemak dan mampu mengeluarkan racun dari tubuh secara otomatis. Proses ini tentunya berdampak positif pada kesehatan paru-paru kita.

3. Peningkatan Kesehatan Mental

Salah satu tujuan ibadah puasa adalah mengatasi emosi negatif dengan membantu memperbaiki suasana hati. Puasa telah terbukti meningkatkan kadar endorfin yang merupakan salah satu hormon pemicu perasaan senang, tenang dan bahagia. Ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian yang juga menunjukan bahwa berpuasa dapat memberi kedamaian dan ketenangan hidup.

Karena saat berpuasa, kamu dituntut untuk menjaga emosi agar tidak membatalkan puasa. Usaha untuk meredam amarah tersebut, ternyata berpengaruh bagi kesehatan paru-paru dan pernapasan.

4. Waktu untuk Berhenti Merokok

Selain menahan haus dan lapar, perokok juga mau tidak mau berhenti merokok saat berpuasa.  Dengan berkurangnya kebiasaan ini, maka berdampak pula kepada kesehatan paru-paru. Pastinya, momen ini sangat efektif untuk dijadikan waktu belajar berhenti merokok.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat berpuasa, tubuh tidak bekerja untuk mencerna makanan, sehingga organ-organnya cenderung berfokus pada fungsi tubuh vital lainnya, termasuk pembenahan sistem kekebalan tubuh. Faktanya, tubuh cenderung mengeluarkan sel-sel yang rusak saat berpuasa yang bertujuan untuk mencari sumber energi. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa mengarah pada peningkatan komponen sistem kekebalan tubuh yang penting, seperti hormon pertumbuhan manusia dan sel darah putih.

Penelitian lainnya menunjukan bahwa puasa mampu membuat sistem imun tubuh tahan terhadap penyakit tuberkulosis dan dapat mengurangi risiko terinfeksi tuberkulosis. Dengan menjalankan puasa, sistem imun akan merespon dan lebih siaga dengan cara mengoptimalkan kondisi sistem imun pengidap TBC. Kondisi ini menghambat adanya infeksi tuberkulosis pada bagian tubuh yang sehat lainnya.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018