APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Tips Lindungi Diri dari Ancaman Debu dan Polusi Saat Mudik
PDPI Jatim, 03 Jun 2019 23:04:54

Saat mudik, jalanan pasti dipenuhi oleh kendaraan yang mengeluarkan asap dan polusi yang berdampak pada kesehatan. Selain itu juga ada debu-debu jalan yang ketika terhirup akan mengganggu fungsi paru-paru.

Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), meski mudik hanya berlangsung dalam beberapa waktu, ada efek jangka pendek yang bisa ditimbulkan dari paparan debu dan polusi bagi pemudik.

"Apa sih yang sering muncul dari polusi itu dalam jangka pendek? Tentunya dapat menyebabkan iritasi pada mukosa. Mulai dari saluran hidung sampai ke bawah," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (28/5/2019).

"Yang paling sering muncul itu efek pada hidung. hidung berair, mata berair, tenggorokan gatal dan panas, batuk, dahak cukup banyak, bahkan pada orang yang sudah punya penyakit itu bisa menginduksi serangan bagi pengidap asma, jantung, dan paru kronik," tambahnya.

Untuk itu, dr Agus memberikan tips yang harus dilakukan apabila pemudik ingin mengurangi dampak polusi:

1. Persiapkan obat-obatan bagi orang yang sudah mengidap penyakit, karena kalau sudah mengidap penyakit tertentu punya risiko jika menghirup polusi.

2. Bagi pengendara terbuka misal naik motor atau menggunakan mobil bak terbuka gunakan alat pelindung diri yang baik seperti masker dan kacamata.

3. Persiapkan diri. Dalam hal ini daya tahan tubuh juga harus dijaga dengan baik. penyakit mudah muncul kalau daya tahan tubuh kurang.

4. Sebelum berangkat, istirahat cukup dan makan yang cukup.

"Intinya persiapkan tubuh untuk menghadapi polusi di perjalanan," pungkasnya.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018