APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Paru-Paru Tetap Sehat Ketika Terpapar Polusi Saat Mudik, Caranya?
PDPI Sumatera Utara, 04 Jun 2019 23:22:07

Mudik dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Ada banyak berbagai hal harus Anda persiapkan. Salah satu hal yang tidak boleh lepas dari persiapan mudik adalah kondisi tubuh yang sehat.

Saat ribuan masyarakat Indonesia pergi ke kampung halaman dengan kendaraan bermotor, pastinya akan ada banyak polusi di jalan yang bisa merusak kesehatan Anda. Lalu, apa saja yang harus dilakukan? Dokter spesialis paru dan ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto, memberikan 4 diantara tips sehat untuk mencegah terkena polusi.

1. Menggunakan masker dan kacamata
Bagi pengendara sepeda motor, sangat wajib hukumnya untuk menggunakan masker dan kacamata. Sebab, ini dapat membantu mencegah paparan polusi udara secara langsung ke hidung dan mata. “Kalau tidak digunakan, bisa menimbulkan iritasi jangka pendek seperti batuk-batuk dan mata berair,” katanya saat ditemui di Kementerian Kesehatan dalam acara bertema 'Hari tanpa Tembakau Sedunia' pada 28 Mei 2019.

2. Menggunakan mode recirculate pada AC mobil
Saat berkendara dengan mobil, Anda pun masih sangat mungkin terpapar polusi udara. Ini bisa muncul karena asap kendaraan ataupun aktivitas fisik para anggota keluarga di dalamnya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan mode recirculate dan sesekali membuka jendela mobil. “Agar polusi udara dari asap kendaraan tidak masuk ke dalam mobil, aktifkan mode recirculate. Walaupun begitu, jendela mobil juga disarankan untuk dibuka satu jam sekali, agar mengurangi kadar karbondioksida yang dihasilkan dari orang-orang di dalam mobil,” katanya.

3. Membawa obat-obatan
Bagi pasien penyakit tertentu, seperti jantung dan paru-paru, sangat disarankan untuk membawa serta obat-obatan khusus yang dimiliki. Sebab, polusi udara yang salah satunya mengandung senyawa karbondioksida dan karbonmonoksida, dapat membuat kandungan oksigen dalam darah berkurang, sehingga menyebabkan resiko serangan. “Keduanya dapat merangsang terjadinya sesak nafas dan serangan jantung. Jadi penting sekali untuk membawa obat-obatan untuk mengatasi dan meminimalisir resiko,” katanya.

4. Membekali tubuh dengan asupan yang baik
Terakhir namun tak kalah penting, membekali tubuh dengan makanan bergizi juga sangatlah penting. Sebab menurut Agus, tubuh dengan kandungan makanan yang baik, dapat membentuk imunitas tubuh yang baik pula. Dengan demikian, para pemudik pun tidak khawatir untuk terserang penyakit akibat polusi udara. “Makan yang sehat dan bergizi. Ini baik untuk menjaga kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit,” katanya.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018