APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
5 Makanan Enak Ini Bisa Cegah Serangan Kanker Paru-paru
PDPI Lampung & Bengkulu, 08 Jul 2019 19:42:46

Penyakit mematikan kanker paru-paru bisa menyerang siapa saja. Namun, masih bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi 5 makanan enak ini.

Belakangan ini penyakit kanker paru-paru tengah santer diperbincangkan lantaran telah menyerang Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPN, Sutopo Purwo Nugroho hingga akhirnya tutup usia. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh paparan zat kimia. Karenanya. supaya terhindar dari risiko penyakit kanker paru-paru rutinlah mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan paru-paru.Seperti 5 makanan enak yang sehatkan paru-paru ini.

1. Selada Air

Selada air mengandung isothiocyanate yang diyakini bisa menghambat pertumbuhan tumor dan menggagalkan proses pembelahan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Selain itu, pada sayuran ini juga terdapat komponen antioksidan yang lengkap sehinga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi racun di tubuh.

2. Pir

Buah pir terdapat senyawa phytochemical yang bersifat antitumor. Senyawa tersebut dikenal dengan sebutan phloretin. Senyawa phloretin secara nyata dapat menginduksi kematian sel apoptosis pada sel kanker. Hal tersebut juga dibenarkan oleh beberapa penelitian. Selain itu, phloretin juga bisa meningkatkan efek anti kanker cisplatin seperti obat kemoterapi yang umum digunakan pengidap kanker.

3. Wortel

Senyawa phytochemical juga terdapat pada sayur wortel yang dikenal sebagai asam klorogenik. Asam klorogenik dipercaya bisa merusak jalur sinyal pada kanker paru. Juga turut mencegah terjadinya proses bertumbuhnya pembuluh darah baru yang memasok kehidupan ke dalam sel tomor penyebab kanker. Proses pertumbuhan tersebut dikenal dengan sebutan angiogenesis.


4. Jahe

Senyawa 6-shagaol yang terkadung dalam jahe berperan dalam mencegah perkembangan kanker paru-paru. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Selain itu jahe juga mampu mengatasi mual yang diakibatkan dari kemoterapi, juga mengurangi risiko metastasis pada penyakit kanker paru.


5. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang disarankan agar bisa terhindar dari risiko penyakit kanker paru. Hal tersebut karena teh hijau memiliki theaflavin dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berefek lebih besar daripada obat kemoterapi. Teh hijau juga baik diminum bagi orang yang sudah mengidap penyakit paru karena bisa memperlambat laju pertumbuhan sel kanker, agar tidak menyebar luas.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018