APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Jenis Penyakit Pernapasan Ini Harus Diwaspadai!
PDPI Lampung & Bengkulu, 07 Feb 2020 08:27:32

Jenis penyakit pernapasan ini harus diwaspadai! Bernapas adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Agar bisa bernafas dengan baik, organ respirasi haruslah berfungsi dengan semestinya.

Namun, ada kalanya organ respirasi tidak bisa berfungsi dengan seharusnya. Hal ini dikarenakan adanya penyakit atau gangguan pada organ respirasi tersebut.

Ada banyak sekali jenis penyakit pernapasan yang bisa menyerang kapan saja. Yuk simak informasi penting di bawah ini untuk mengetahui jenis-jenisnya.

Jenis Penyakit Pernapasan

Asma

Penyakit asma adalah suatu gejala yang terjadi akibat adanya penyempitan pada organ saluran napas. Tanda umum dari penyakit asma adalah sesak napas.

Umumnya, gejala asma dibarengi dengan mengi (wheezing). Mengi atau wheezing adalah sejenis suara dengan nada tinggi yang muncul saat penderita asma menghembuskan napasnya.

Influenza

Jenis penyakit pernapasan selanjutnya adalah influenza. Influenza adalah salah satu penyakit pernapasan yang paling umum terjadi.

Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus dan sangat mudah menular. Penularannya pun bisa melalui banyak cara seperti kontak langsung dengan penderita.

Biasanya saat flu menyerang, hidung akan dipenuhi lendir putih yang membuat penderita sulit untuk bernapas.

Pneumonia

Jenis penyakit pernapasan selanjutnya adalah pneumonia. Nama lain dari pneumonia adalah radang paru-paru yang terjadi akibat adanya infeksi.

Gejala umum dari pneumonia dapat dilihat jika penderita mengalami demam, batuk berdahak hingga sesak napas.

Gejala lain yang dapat dideteksi pada penderita adalah adanya dahak kental berwarna. Biasanya dahak ini berwarna coklat, hijau, kuning ataupun noda darah.

Faringitis

Jenis penyakit pernapasan selanjutnya adalah faringitis. Keluhan yang sering dialami oleh penderitanya adalah nyeri tenggorokan.

Penyebab utama faringitis adalah infeksi virus ataupun bakteri yang dialami oleh penderita. Untuk menangani faringitis, dibutuhkan pengobatan berupa pemberian antibiotik.

Bronkitis

Jenis penyakit pernapasan selanjutnya adalah bronkitis. Nama bronkitis mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda.

Bronkitis terjadi akibat adanya peradangan yang terjadi pada saluran bronkus. Bronkus adalah saluran pernapasan dari paru-paru dan ke paru-paru.

Gejala utama yang dapat terjadi pada penderita bronkitis adalah batuk berdahak dengan dahak yang memiliki warna.

Emfisema

Jenis penyakit pernapasan selanjutnya adalah emfisema. Penyakit yang satu ini menyerang alveoli atau kantung udara.

Namun, penderita emfisema tidak menunjukkan gejala yang identic. Biasanya, penderita emfisema lambat laun akan mengalami gangguan sesak nafas.

Emfisema masuk dalam golongan penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK.  Bagi anda yang mungkin mengalami gangguan emfisema, segaralah memeriksakannya ke dokter.

Kanker Paru-Paru

Jenis penyakit pernapasan selanjutnya adalah kanker paru-paru. Saat ini, kanker paru-paru menjadi salah satu jenis kanker yang memiliki tingkat kematian tinggi.

Kebanyakan kanker paru-paru disebabkan oleh perokok aktif dan pasif yang tidak mau menghentikan kebiasaan buruknya tersebut.

Namun tidak hanya itu saja, penyebab lain seperti riwayat keturunan, paparan zat kimia, dan gas beracun seperti radon dan asbestos. Atau juga karena terlalu sering menghirup udara dengan polusi tinggi, menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru.

Demikianlah jenis penyakit pernapasan yang sering dialami. Dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, sebaiknya anda lebih menjaga kesehatan.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018