APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Dokter Temukan Risiko Jangka Panjang Pasien Sembuh dari Corona Covid-19
PP-PDPI, 21 Mar 2020 08:50:26

Pasien sembuh dari virus corona Covid-19 semakin bertamabah. Kabarnya, pasien yang sudah sembuh ini pun kemungkinan kecil bisa terinfeksi atau tertular virus corona lagi.

Tetapi, ada hal yang perlu diwaspadai oleh pasien sembuh dari virus corona Covid-19. Karena, kondisi atau kapasitas paru-paru pasien sembuh dari virus corona mungkin sudah melemah.

Seorang dokter di Hong Kong telah menemukan beberapa orang yang sembuh dari virus corona Covid-19 mungkin akan terengah-engah ketika berjalan cepat.

Otoritas Rumah Sakit Hong Kong dilansir oleh businessinsider.sg, membuat temuan ini setelah mempelajari gelombang pertama pasien yang keluar dari rumah sakit dan telah sepenuhnya pulih dari corona Covid-19.

Sebanyak 12 orang dalam kelompok, yakni dua hingga tiga orang mengalami perubahan kapasitas paru-paru, setelah sembuh dari virus corona Covid-19.

"Mereka terengah-engah ketika berjalan sedikit lebih cepat," Owen Tsang Tak-yin, direktur medis di Pusat Penyakit Menular saat konferensi pers dikutip dari South China Morning Post.

Owen Tsang Tak-yin mengatakan beberapa pasien sembuh dari virus corona Covid-19 mungkin memiliki sekitar 20 hingga 30 persen fungsi paru-paru setelah pemulihan penuh.

Ia menyarankan pasien yang sembuh untuk melakukan latihan kardiovaskular, seperti berenang. Latihan ini bisa meningkatkan kapasitas paru-paru mereka dari waktu ke waktu.

Walaupun masih terlalu dini untuk menentukan efek jangka panjang dari infeksi virus corona Covid-19. Hasil pemindaian 9 paru-paru pasien juga menemukan pola yang mirip dengan kaca buram.

"Pola yang mirip kaca buram pada semua pasien ini, menunjukkan adanya kerusakan organ," kata Owen Tsang.

Hasil CT scan pasien virus corona Covid-19 juga menunjukkan "ground glass", yakni sebuah fenomena yang mana cairan menumpuk di paru-paru dan muncul bercak putih.

Ada pula pemindaian paru-paru seorang pasien corona Covid-19 dalam waktu yang berbeda. Hasilnya, bentuk "ground glass" di paru-paru orang itu lebih jelas ketika mengembangkan penyakit baru.

Menurut data Johns Hopkins University, sebanyak lebih dari 69 ribu orang dari 128 ribu kasus telah pulih dari virus corona Covid-19.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus pun menegaskan bahwa sebagian besar orang yang terinfeksi virus ini akan pulih. Sementara itu, virus ini mungkin lebih memengaruhi lansia dan orang dengan kondisi kesehatan buruk.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018