APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru
PDPI Malang, 05 Jun 2020 16:48:44

Paru-paru merupakan salah satu organ yang paling penting karena tugasnya untuk mengatur pernafasan dan berjalan sesuai semestinya. 'Lungs are an important organ of the body that play a vital role in helping the body function properly'. Dengan meningkatnya polusi udara dan populasi yang merokok, penyakit pernapasan seperti asma, cystic fibrosis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) membuktikan paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya.

Terlalu banyak terpapat polusi dapat membuat lendir berkumpul di paru-paru

Sehingga dapat menangkap patogen dan mikroba dan membuat dada terasa penuh dan sesak. Untuk memiliki paru-paru yang sehat Anda bisa menjalankan pola hidup sehat yang dimulai dari melihat asupan makanan Anda.

Dilansir dari boldsky.com (9/6/2020), ini beberapa makanan mampu memastikan dan membantu kesehatan paru-paru.

1) Apel

Apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang diketahui mampu untuk mengurangi peradangan di area pernafasan. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal menemukan, anak-anak yang rajin minum segelas jus apel sehari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah mengi atau suara bernada tinggi saat bernapas.

2) Teh Hijau

Teh hijau sarat akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru dan meningkatkan penyembuhan infeksi. Antioksidan di teh hijau bekerja sebagai antihistamin alami yang mampu memperlambat pelepasan histamin sebagai gejala alergi. Sebuah studi pada 2017 menemukan, 1.000 orang dewasa di Korea yang rutin minum dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

3) Ikan

Jenis ikan seperti Ikan seperti makarel dapat membantu mengobati penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Menurut para peneliti di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Rochester, asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada ikan dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan diri dari infeksi paru-paru.

4) Kacang dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan super lain untuk paru-paru. Selain sehat untuk makanan diet, kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, kacang kenari, pistachio, kacang Brazil dan hazelnut dan biji-bijian seperti biji labu, biji rami, dan biji bunga matahari banyak magnesium dan mineral penting yang bertindak sebagai bronkodilator yang berfungsi untuk untuk melegakan pernapasan.

5) Minyak Zaitun (Extra Virgin)

Dalam minyak zaitun terdapat lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan vitamin K yang dapat membantu melindungi paru-paru terhadap stres oksidatif dan mencegah kerusakan jaringan paru-paru.

Itulah beberapa makanan sehat yang mampu menyehatkan paru-paru, bukan hanya itu, dengan rutih mengonsumsi makanan di atas metabolisme Anda juga lebih lancar dan teratur karena banyaknya vitamin dan nutrisi yang dikandung.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018