APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Jalani Transplantasi, Ini Potret Kerusakan Paru-paru Wanita karena Corona
PDPI Sumatera Utara, 08 Jun 2020 17:17:58

Seorang wanita di Chicago sampai harus menerima transplantasi paru-paru di Rumah Sakit Northwestern saat berjuang melawan virus Corona COVID-19. Wanita berusia 20 tahun yang sebelumnya dinyatakan sehat, paru-parunya memburuk karena Corona.

Potret paru-parunya tampak berwarna coklat dan kuning. Menurut siaran pers dari Northwestern Hospital pada Kamis (11/6/2020) paru-paru wanita tersebut mengalami kerusakan parah karena Corona sehingga sulit ditangani.

"Virus Corona COVID-19 membuat paru-paru wanita itu benar-benar buruk. Efeknya bahkan sampai ke jaringan di sekitar paru seperti jantung, dinding dada, dan diafragma," jelas direktur bedah rumah sakit, Dr Ankit Bharat, kepada The New York Times.

Operasi transplantasi paru-paru pada wanita tersebut dilakukan minggu lalu dan wanita itu kini sedang dalam pemulihan. Wanita yang tidak disebutkan namanya ini dirawat di unit perawatan intensif rumah sakit selama enam minggu dengan ventilator.

"Dia adalah orang yang kondisinya paling parah mungkin di seluruh rumah sakit selama beberapa hari. Transplantasi paru-paru adalah satu-satunya kesempatannya untuk bertahan hidup," kata Bharat.

"Ada begitu banyak siang dan malam saat tim kami harus bereaksi dengan cepat untuk membantu mengatasi kondisi serius pada paru-parunya, dan memastikan organ-organ lain cukup sehat untuk mendukung transplantasi," lanjut Bharat.

Wanita itu harus dinyatakan negatif virus Corona sebelum dia bisa mendapatkan transplantasi. Beruntung ia akhirnya dinyatakan negatif Corona dan bisa melakukan transplantasi.

"Salah satu saat yang paling menyenangkan," kata Bharat dalam siaran pers.

"Kami ingin pusat transplantasi lain mengetahui bahwa walaupun prosedur transplantasi pada pasien ini cukup sulit secara teknis, itu dapat dilakukan dengan aman, dan itu menawarkan pasien COVID-19 yang sakit parah pilihan lain untuk bertahan hidup," kata Bharat dalam siaran pers.

Spesialis transplantasi organ Dr Michael Ison, menyebut transplantasi paru dapat mendukung pemulihan pasien Corona yang parah. "Membuka pintu bagi pasien yang telah pulih dari infeksi hingga transplantasi paru-paru menawarkan jalan potensial menuju pemulihan," kata Ison.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018