APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
5 Minuman Sehat untuk Paru-Paru
PDPI Sumatera Utara, 19 Feb 2021 20:18:26

PARU-paru adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh yang membantu menopang kehidupan, sehingga fungsinya harus terjaga. Di mana semua sel di tubuh kita membutuhkan oksigen yang berasal dari organ yang satu ini, untuk tetap bertahan hidup.

Tidak perlu dikatakan lagi bahwa, seseorang harus menjaga kesehatan paru-paru secara teratur. Selain teratur berolahraga, kita juga bisa memasukkan makanan dan minuman sehat untuk paru-paru agar selalu bersih.

Apalagi dengan tingkat polusi yang kian berbahaya di kota-kota besar, akan berdampak pada sistem pernapasan kita. Dikutip dari NDTV, lima minuman sehat ini akan membantu melawan penyakit akibat polusi udara di luar dan meningkatkan kesehatan paru-paru.

1 Teh Lemon, Jahe dan Peppermint

Teh lemon, jahe dan peppermint dianggap sebagai salah satu pembersih paling alami. Minuman ini membantu detoksifikasi tubuh dengan bekerja sebagai diuretik dengan antioksidan. Lemon dalam teh akan menyegarkan pikiran, jahe akan memberikan energi dan peppermint akan merilekskan tenggorokan.

2 Madu dan Air Hangat

Minuman air hangat madu sangat efektif untuk membantu paru-paru Anda melawan polutan. Ini karena madu memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif dalam mengurangi peradangan.

Mengonsumsi air hangat sangat ampuh dalam mendetoksifikasi tubuh. Saat ditambahkan dengan pemanis alami seperti madu, minuman tersebut menjadi jauh lebih ampuh untuk mengatasi serangan radikal bebas.

3 Kunyit dan Jahe

Kunyit mengandung kurkumin, yang bersifat anti inflamasi, antioksidan, anti kanker dan juga memiliki sifat anti toksisitas. Juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh sekaligus melindungi organ dari kerusakan lebih lanjut. Selain itu, jahe juga membantu menyembuhkan mual yang disebabkan oleh terlalu banyak asap.

4 Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan dan bahkan bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Minuman ini mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Minumlah secangkir teh hijau setiap hari dengan sedikit jahe, lemon atau madu.

5 Teh Akar Licorice

Teh akar licorice mungkin tidak sedang tren tetapi dapat dianggap sebagai bahan pokok untuk mengurangi batuk, hidung tersumbat dan demam. Diketahui juga bahwa mengonsumsi minuman detoks ini secara teratur, membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan membersihkan paru-paru.

Selain minum minuman sehat untuk paru-paru ini sebagai detoksifikasi, Anda perlu tidur yang cukup, olahraga teratur dan pola hidup sehat. Apalagi di tengah pandemi, yang mewajibkan kita untuk selalu memakai masker, sebagai salah satu pencegahan masuknya virus dan polutan ke paru-paru.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018