APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru
PP-PDPI, 18 Mar 2021 06:29:49

Anjuran untuk menjaga jarak dan memakai masker adalah untuk menurunkan risiko penularan virus COVID-19 yang masih mewabah sampai sekarang. Virus yang satu ini menyerang saluran pernapasan, salah satunya paru-paru. Selain langkah pencegahan yang dilakukan tersebut, ada baiknya Anda juga menjaga paru-paru tetap sehat dengan mengonsumsi makanan sehat.

Beruntunglah karena Anda bisa mendapatkan bahan makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan mudah. Makanan-makanan ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah lagi untuk membuatnya menjadi lebih lezat. Apa saja makanan yang bisa membantu membersihkan paru-paru Simak daftarnya di bawah ini!

Makanan untuk Jaga Kesehatan Paru-paru

Anda bisa mulai membuat catatan dan menyiapkan pilihan makanan di bawah ini agar selalu ada di rumah.

1. Apel

Dalam dunia kesehatan, apel merupakan buah yang sangat ajaib. Buah yang satu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan organ-organ manusia, termasuk paru-paru. Mengonsumsi 5 – 6 apel dalam satu minggu dapat membantu kerja paru-paru selalu baik. Anda pun bisa menyantapnya secara langsung atau membuat jus.

Apel juga mampu menurunkan risiko penyakit asma dan kanker paru-paru. Hal ini karena apel mengandung vitamin C yang cukup tinggi serta antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

2. Bawang putih

Bawang putih ternyata menyimpan manfaat untuk mejaga kesehatan paru-paru. Bahan makanan yang satu ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang sangat tinggi untuk membersihkan paru-paru. Sama seperti apel, bawang putih juga mampu menurunkan risiko kanker paru-paru.

Beruntungnya, bawang putih merupakan bahan wajib bagi makanan khas Indonesia. Anda sudah mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Namun, lebih baik lagi kalau Anda juga mengonsumsi vitamin yang dibuat dari ekstrak bawang putih.

3. Blueberry

Biarpun mungil, buah yang satu ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Blueberry kaya akan kandungan anthocyanins, berbagai macam vitamin, dan sumber antioksidan yang baik. Mengonsumsi buah ini bisa menurunkan beragam penyakit mematikan, termasuk penurunan fungsi paru-paru.

Mengolah blueberry pun bukanlah sesuatu yang sulit. Anda bisa menjadikan blueberry sebagai camilan bersama dengan buah lainnya. Bisa juga dicampur ke dalam oatmeal atau smoothies yang lezat untuk menu sarapan setiap pagi.

4. Sayuran hijau

Bukan tanpa alasan orang tua, dokter, dan ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau setiap hari. Kandungan dalam sayuran hijau akan menjaga tubuh tetap bugar dan cerah sepanjang hari. Sayuran hijau juga kaya akan serat yang dapat membantu pencernaan sehingga bisa menjaga berat badan tetap ideal.

Di samping itu, pilihan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga punya kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi. Tanpa disadari Anda akan menjaga kesehatan paru-paru jika rutin mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya.

5. Kacang-kacangan

Tahukah Anda bahwa kacang bisa bantu menjaga kesehatan paru-paru juga Beberapa jenis kacang akan membantu kerja paru-paru. Kandungan di dalam kacang-kacangan dapat membuat penyebaran oksigen lebih optima dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Terlebih lagi, kacang juga jadi camilan yang mengenyangkan dan mampu bantu menjaga berat badan ideal.

6. Jahe

Jahe merupakan jenis rempah yang mampu melancarkan saluran pernapasan. Anda cukup minum olahan jahe hangat untuk mendapatkan khasiatnya untuk paru-paru. Jenis rempah-rempah yang satu ini pun mudah didapat dan pastinya jadi salah satu bumbu yang harus ada di dapur.

7. Salmon

Ikan salmon punya rasa yang enak sekaligus khasiat yang banyak untuk kesehatan. Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang kaya di dalam ikan salmon mampu menjaga kesehatan paru-paru. Dua kandungan tersebut tidak diproduksi oleh tubuh manusia dan memang didapatkan dari bahan makanan.

Mengonsumsi salmon juga mampu menjaga sistem imun tetap baik, khususnya di masa pandemi ini. Kandungan lain yang ada di dalam ikan salmon juga mampu menjaga kerusakan sel akibat aktivitas atau penyakit.

Namun, harus diingat bahwa makanan-makanan di atas hanya digunakan sebagai penunjang kesehatan dan bukanlah obat untuk sebuah penyakit. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter jika muncul sebuah gejala penyakit di tubuh.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018