APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
7 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh
PDPI Sumatera Utara, 28 Mar 2021 10:34:36

Senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga senam. Sama seperti jenis senam lainnya, senam aerobik juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Senam aerobik masuk dalam kategori senam irama. Dalam buku Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012) oleh Haryanto, aerobik berasal dari kata aero yang artinya oksigen. Rangkaian gerak dalam senam aerobik dipilih secara sengaja dengan mengikuti irama musik sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas, dan durasi tertentu.

Adapun, yang dimaksud kontinuitas gerakan dalam senam irama adalah gerakan tersebut dilakukan secara terus menerus tanpa terputus. Artinya, setelah gerakan 1 (pertama) selesai langsung dilanjutkan ke gerakan kedua. Jadi, senam aerobik adalah gabungan antara rangkaian gerak dan musik yang dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik untuk tujuan tertentu.

Manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, senam aerobik bisa menjadi pilihan kegiatan olahraga untuk dilakukan. Pakar olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang, Dr. Umar, MS., AIFO menyampaikan bahwa olahraga kardio atau senam aerobik merupakan jenis olahraga yang baik dilakukan saat pandemi. Apalagi, senam aerobik bisa dilakukan di rumah.

"Olahraga kardio atau aerobik ini sangat baik dilakukan karena lebih meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru," kata Umar, dikutip KOMPAS.com dari Antara, Senin (22/3/2021). "Untuk senam aerobik cukup dilakukan di rumah saja dengan membuka video senamnya di YouTube lalu ikuti saja gerakannya," imbuhnya.

Adapun, senam aerobik memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut tujuh manfaat senam aerobik, dikutip dari Chuze Fitness.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung adalah salah satu organ penting di dalam tubuh. Oleh karenanya, kesehatan jantung harus selalu dijaga, salah satunya bisa melalui senam aerobik. Senam aerobik akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan kekuatan jantung. Hopkins Medicine menyarankan, latihan aerobik dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu selama 30 menit per hari.

2. Menjaga berat badan

Untuk mendapatkan berat badan ideal dan mempertahankannya, makanan yang dikonsumsi serta asupan nutrisi akan sangat berpengaruh. Namun, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah olahraga. Salah satu aktivitas olahraga bisa membantu proses menjaga atau menurunkan berat badan adalah senam aerobik. Sebab, kegiatan senam aerobik baik untuk mengurangi massa tubuh dan lemak.

3. Meningkatkan stamina

Anda mungkin akan merasakan lelah ketika pertama kali melakukan senam aerobik. Namun, jika melakukannya secara rutin dan teratur, secara peralahan stamina Anda akan meningkat. Hal tersebut karena kekuatan jantung, paru-paru, tulang, serta otot juga akan meningkat.

4. Meningkatkan mood dan mengurangi stres

Selain membuat tubuh menjadi bugar, senam aerobik juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan pikiran. Melakukan aktivitas olahraga seperti senam aerobik akan membantu meningkatkan mood serta mengurangi stres. Selain itu, kegiatan ini juga akan membuat pikiran menjadi rileks. Baca juga: Sejarah FIBA, Induk Olahraga Bola Basket Dunia

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Senam aerobik bisa membantu tubuh membakar kalori yang pada akhirnya memperkuat fungsi metabolisme.

6. Meningkatkan daya ingat

The Journal Comprehensive Physiology menguraikan bahwa latihan aerobik dapat mengurangi hilangnya jaringan otak selama penuaan. Selain itu, senam aerobik juga membantu meningkatkan ingatan dan menyimpannya lebih lama seiring bertambahnya usia.

7. Mengurangi risiko terkena penyakit

Kegiatan olahraga seperti senam aerobik bisa membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Oleh karenanya, senam aerobik efektif untuk mengurangi munculnya penyakit yang menyerang tubuh semisal gangguan jantung dan stroke.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018