APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
5 Cara Mencegah Pneumonia yang Perlu Diketahui, Kenali Juga Gejalanya
PDPI Sumatera Utara, 30 Mar 2021 17:17:57

Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Selama pneumonia, kantung udara akan terisi dengan cairan seperti nanah, dan menjadi padat. Hal ini secara drastis akan menghambat kemampuan Anda untuk bernapas dan memperburuk gejala kekebalan.

Berbagai organisme termasuk bakteri, virus, dan jamur, dapat menyebabkan pneumonia. Kelompok orang-orang tertentu juga lebih mungkin terkena pneumonia, seperti orang dewasa berusia 65 tahun atau lebih; anak-anak di bawah usia 5 tahun; orang yang memiliki kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung, atau asma; dan perokok.

Perawatan di rumah sakit juga dapat membuat pasien berisiko lebih tinggi terkena pneumonia karena prosedur yang mengganggu pernapasan normal, seperti membutuhkan "selang pernapasan" (juga dikenal sebagai selang endotrakeal) tidak aktif, atau mengonsumsi obat tertentu.

Anda bisa menjaga dan mencegah diri Anda agar terhindar dari penyakit yang satu ini. Berikut adalah beberapa cara mencegah pneumonia yang perlu Anda ketahui.

Gejala dan Cara Mencegah Pneumonia

Dilansir dari familydoctor.org, gejala pneumonia dapat berkisar dari yang ringan hingga yang berat. Hal ini tergantung pada faktor risiko dan jenis pneumonia yang Anda derita. Gejala pneumonia umumnya mirip dengan gejala pilek atau flu. Beberapa gejala pneumonia yang paling umum tersebut adalah:

  • batuk
  • demam
  • ada lendir saat batuk
  • sulit bernapas
  • panas dingin
  • nyeri dada

Anda mungkin juga akan mengalami gejala lain seperti berkeringat, sakit kepala, dan merasa sangat lelah. Beberapa orang juga mengalami mual, muntah, dan diare. Jika salah satu gejala ini menjadi parah, segera cari pertolongan medis. Anda juga harus menghubungi dokter jika gejala tiba-tiba mulai memburuk setelah pilek atau flu.

Sementara itu, cara mencegah pneumonia dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, melansir dari Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology:

1. Jaga Kebersihan Tangan

Cara mencegah pneumonia yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Menjaga tangan tetap bersih adalah cara nomor satu untuk mencegah penyebaran infeksi. Bersihkan tangan Anda setelah menggunakan kamar mandi, setelah bersin, membuang ingus, atau batuk, sebelum makan, saat mengunjungi seseorang yang sakit, atau setiap kali tangan Anda kotor.

Dalam kasus penyedia layanan kesehatan, mereka juga harus membersihkan tangan mereka sebelum dan sesudah kontak dengan pasien yang memiliki selang pernapasan, dan sebelum dan sesudah kontak dengan perangkat pernapasan yang digunakan pada pasien, baik sarung tangan dikenakan maupun tidak.

2. Dapatkan Vaksinasi

Cara mencegah pneumonia yang kedua dalah dengan vaksinasi. Vaksin dapat membantu mencegah infeksi oleh beberapa bakteri dan virus yang dapat menyebabkan pneumonia. Jenis vaksin yang direkomendasikan CDC adalah:

  • Haemophilus Influenzae Tipe B (Hib)
  • Influenza (flu)
  • Campak
  • Pertusis (batuk rejan)
  • Pneumokokus
  • Varicella (cacar air)

3. Jaga Kebersihan Mulut

Cara mencegah pneumonia yang ketiga adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Mempraktikkan perawatan mulut yang baik sangat penting untuk membantu mencegah pneumonia. Infeksi pneumonia dapat terjadi karena gigi yang terinfeksi. Untuk itu, bersihkan bagian dalam mulut secara teratur dengan sikat gigi atau bilasan antiseptik. Dan, sebisa mungkin jadwalkan juga kunjungan rutin ke dokter gigi.

4. Makan Sehat, Olahraga, dan Istirahat

Cara mencegah pneumonia yang keempat adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Merawat tubuh dengan benar pada akhirnya akan menghasilkan manfaat di semua aspek kesehatan tubuh Anda.

Dengan makan makanan sehat penuh buah dan sayuran, berolahraga secara teratur, dan mendapatkan jumlah istirahat yang cukup, sistem kekebalan tubuh akan dapat bekerja di semua lini secara optimal.

5. Hindari Merokok

Cara mencegah pneumonia yang kelima adalah dengan menghindari rokok. Merokok pada dasarnya memang membawa banyak efek negatif baik pada tubuh Anda sendiri, orang-orang di sekitar, sekaligus lingkungan Anda.

Penting untuk mengetahui dan menyadari fakta bahwa merokok tidak baik untuk paru-paru Anda. Untuk itu, jaga selalu kesehatan paru-paru untuk mengurangi risiko terkena pneumonia di kemudian hari.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018