APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
6 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa
PDPI Malang, 03 Mei 2021 08:04:51

Tidur merupakan aktivitas dan bisa menjadi salah satu ibadah  ketika saat berpuasa di bulan ramadhan. Namun, akan lebih baik jika ramadhan dilakukan dengan berbagai aktifitas yang positif, salah satunya adalah dengan berolahraga.

Selain baik untuk tubuh, berolahraga juga baik bagi kesehatan mental dan otak untuk berfikir.

Nah, berikut ini adalah beberapa alternatif pilihan untuk berolahraga ringan saat berpuasa di bulan ramadhan :

1. Berjalan Kaki
Menurut penelitian, berjalan kaki selama 150 menit dalam seminggu dan/atau 10.000 langkah perhari dikala-kala kesibukan dapat menyehatkan jasmani kita.

Banyak sekali manfaat dari berjalan kaki secara rutin, teratur dan sesuai target harian yang ditentukan, keuntungan tersebut antara lain dapat meningkatkan kesehatan paru-paru, memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, menambah stamina dan kekuatamn otot kaki, menjaga kepadatan tulang, mencegah obesitas, menjaga tekanan darah, mencegah diabetes, meningkatkan konsentrasi dan mood.

2. Bermain Hulahoop
Bermain hulahoop termasuk kedalam olahraga ringan yang intensitasnya dinilai hampir sama seperti melakukan aerobik, dan khususnya bagi wanita, olahraga ini juga mampu membentuk lingkar pinggang dan perut serta paha menjadi lebih ramping.

3. Darts
Selain termasuk olahraga ringan, permainan darts juga dikategorikan sebagai olahraga profesional yang bersifat kompetitif.

Ya, permainan ini membutuhkan tingkat ketrampilan tangan dan akurasi yang tinggi. Beberapa manfaat dari berolahraga ringan dengan darts saat berpuasa di bulan ramadhan, antara lai meningkatkan kordinasa mata dan tangan, meningkatkan konsentrasi, meredakan ketegangan/stress dan pengendalian diri.

4. Bermain Layangan
Bermain layangan selain dapat dikategorikan sebagai olahraga ringan, bisa juga dijadikan alternatif lain dalam meluangkan waktu yang berkualitas bersama si kecil, karena selain harus dilakukan dialam terbuka, dalam proses menerbangkan layangan sendiri dibutuhkan proses berlari diawal untuk menerbangkan nya. Berlari akan meningkatkan detak jantung yang pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Tarik Tambang
Bermain tarik tambang selain bagus untuk melatih kekompakan tim dan menumbuhkan daya juang, tarik tambang juga memiliki manfaat untuk kebugaran tubuh.

Manfaat tersebut antara lain untuk menghilangkan stress dan melatih kekuatan otot tangan dan kaki.

Dengan otot kaki dan tangan yang kuat tentu saja akan memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, antara lain keseimbangan tubuh menjadi lebih baik, meminimalisir resiko cedera, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Freebies/Lempar Piring
Walaupun olahraga freebies dikategorikan sebagai olahraga ringan, manfaat yang terdapat didalam olahraga ini cukup banyak, seperti menguatkan otot tangan, melatih konsentrasi, meningkatkan power, keseimbangan tubuh dan kordinasi tubuh.

Yuk semangat menjalani olahraga disaat berpuasa agar tubuh, mental dan pikiran menjadi semakin sehat.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018