Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - 6 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Operasi Paru
RSS Feed klikPDPI.com twitter PDPI Facebook Page - Kedokteran Paru & Respirologi Forum Respirologi (Umum) Foto Operasional web PDPI Foto Operasional web PDPI
Members
Untitled Document
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Bahaya Rokok Elektrik
 
6 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Operasi Paru





Setelah menjalani operasi paru, tubuh Anda biasanya terasa tidak nyaman selama beberapa bulan ke depan. Di samping itu, jangan heran apabila rutinitas yang biasa Anda lakukan sehari-hari ikut berubah. Demi memulihkan kondisi tubuh, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti.

Minum obat teratur
Dokter tentunya akan meresepkan obat setidaknya untuk beberapa minggu ke depan. Ingatlah untuk selalu mengikuti petunjuk dokter sebelum mengonsumsi obat apapun. Jika Anda dianjurkan untuk minum antibiotik, pastikan untuk tidak melewatkan dosis dan diminum hingga tuntas. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan infeksi yang dapat terjadi setelah operasi. Anda diperbolehkan untuk minum beberapa obat pereda nyeri hanya ketika Anda merasa sakit. Pasalnya, obat pereda nyeri dapat menyebabkan iritasi lambung dan menyebabkan kantuk. Sebisa mungkin hindari mengemudi saat mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri yang lebih kuat.

Rileks dan santai
Wajar apabila Anda merasa kesulitan bernapas pada awalnya. Oleh karena itu, cobalah untuk santai dan jangan memaksakan diri terlalu keras selama beberapa minggu pertama. Berikan waktu bagi paru Anda untuk pulih. Ketika Anda merasa lelah, napas perlahan dan beristirahatlah sejenak. Anda dapat meningkatkan pernapasan dengan melakukan beberapa latihan pernapasan. Ada banyak teknik yang dapat memperkuat otot paru Anda. Dengan melakukan teknik pernapasan secara teratur, Anda akan melihat perubahan signifikan dalam pernapasan.

Jaga kebersihan daerah bekas operasi
Menjaga kebersihan daerah bekas operasi dapat mencegah ancaman infeksi. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara membersihkan luka setiap hari dengan air hangat dan sabun ringan. Pihak pelayanan kesehatan biasanya memberikan beberapa perban dan produk pembersih luka untuk digunakan di rumah. Ikuti petunjuk dengan hati-hati sesuai anjuran dokter dan perawat. Jangan khawatir jika Anda melihat memar, gatal-gatal, nyeri dan mati rasa di luka bedah Anda selama beberapa minggu pertama karena kondisi ini tergolong normal. Jika gejala tersebut bertahan lebih lama atau bahkan kian memburuk, segera periksakan ke dokter.

Aktif bergerak
Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai waktu terbaik untuk mulai melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik diperlukan untuk mempercepat proses pemulihan karena dapat mempromosikan aliran darah ke luka operasi. Namun, jangan lakukan aktivitas fisik berlebihan, seperti angkat berat atau kerja di ladang. Mulailah dengan kegiatan sederhana, seperti berjalan-jalan. Awalnya Anda akan merasa kelelahan, tetapi jangan menyerah. Latihan ringan sekitar 15 menit selama beberapa kali dalam seminggu dapat memberikan lebih banyak oksigen ke paru Anda dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

Konsumsi makanan yang sehat
Terlepas dari Anda mengidap kanker paru atau tidak, pola makan sehat harus selalu diterapkan. Operasi paru dapat membuat Anda kehilangan nafsu makan atau kemampuan pengecap. Cobalah untuk megonsumsi makanan dalam porsi kecil lebih sering sepanjang hari. Selain itu, pastikan kecukupan asupan cairan dengan banyak minum air mineral. Anda juga harus menambahkan lebih banyak makanan berserat di atas piring untuk membantu meringankan sembelit akibat obat-obatan tertentu.

Istirahat yang cukup
Tidur malam menjadi lebih sulit dilakukan ketika Anda kesakitan. Padahal, tidur memegang peranan penting dalam proses penyembuhan Anda. Cobalah untuk menghindari terlalu banyak tidur di siang hari. Langkah ini akan membantu Anda tidur lebih lama di malam hari. Jika masalah tidur kian memburuk dan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari, segera hubungi dokter.

Langkah-langkah di atas merupakan cara mudah bagi Anda untuk merawat sendiri setelah operasi paru. Anda dapat meminta dukungan dari keluarga dan kerabat. Namun, yang paling penting adalah motivasi untuk sembuh harus dimulai dari diri sendiri.



https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/kanker-paru/6-hal-yang-perlu-dilakukan-setelah-operasi-paru/
hellosehat.com, 03 Maret 2017


PDPI Malang. 03/03/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan
 

Free Web Counters

©2003 Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
Privacy Policy  webmaster@klikpdpi.com


 
Intranet PDPI