Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Tak Tularkan Penyakit, Penderita TBC Bisa Lakukan Hal Ini
RSS Feed klikPDPI.com twitter PDPI Facebook Page - Kedokteran Paru & Respirologi Forum Respirologi (Umum) Foto Operasional web PDPI Foto Operasional web PDPI
Members
Untitled Document
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Bahaya Rokok Elektrik
 
Tak Tularkan Penyakit, Penderita TBC Bisa Lakukan Hal Ini





TBC atau tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB (mycobacterium tuberculosis). Sebagian besar kuman TBC menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai bagian tubuh lainnya yang dikenal dengan TBC paru-paru, TBC otak, TBC tulang, TBC usus, dan anggota tubuh lainnya. Adakah cara pencegahan yang bisa dilakukan oleh penderita TBC kepada orang yang sehat? Tentu ada, namun baiknya Anda simak dulu mengenai penyebaran dan bagaimana mencegah penularan TBC di bawah ini.

Cara penderita mencegah penularan TBC ke orang yang sehat
Namun, bukan berarti seseorang yang menderita TBC harus dijauhi atau dikucilkan oleh masyarakat. Anda tidak akan tertular dengan hanya sekedar berjabat tangan atau berbagi makanan dengan para penderita TBC. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan penderita untuk mencegah penularan TBC :

1. Tutupi saat batuk dan bersin
Untuk penderita TBC, jika Anda ingin batuk atau bersin sebaiknya ikuti aturan tata krama masyarakat yang baik. Saat batuk atau bersin, tutuplah dengan sapu tangan, tisu, atau kalau tidak ada maka benamkan muka ke arah lengah kita sendiri. Ingat, jangan ditutup dengan tangan! Bagi penderita TBC paru, dia wajib mengenakan masker saat berada di tempat umum untuk menghindari tersebarnya kuman pada orang yang sehat.

2. Jangan meludah sembarangan!
Sama halnya dengan batuk atau bersin di tempat umum, meludah pun jangan asal meludah, apalagi jika Anda tahu bahwa di dalamnya terdapat kuman yang menular dari penyakit yang Anda derita. Meludahlah di kamar mandi, siram sesudahnya atau buanglah air liur Anda di selokan atau kali yang airnya mengalir.

3. Hindari menggunakan barang-barang pribadi secara bersama-sama
Terutama yang memungkinkan kontak langsung dengan cairan dari sumber penderita. Misalnya, menggunakan sendok yang sama saat makan, minum dari gelas yang sama, atau bahkan makan makanan yang sama sehabis digigit. Namun, barang-barang tersebut bisa tetap digunakan oleh orang lain setelah dibersihkan kembali.

4. Hindari kontak langsung dengan anak-anak
Sebisa mungkin, hindari berdekatan atau kontak langsung dengan bayi, balita, atau anak-anak, karena sistem imun mereka masih belum kuat dan cenderung lemah.

5. Pisahkan peralatan makan Anda
Begitu juga saat mencucinya, agar tidak terpakai orang yang sehat.

6. Jemurlah perlengkapan tidur Anda
Bantal, kasur, selimut, dan perlengkapan tidur lainnya harus dijemur setiap hari, biarkan sinar matahari langsung masuk ke dalam kamar Anda.




http://lifestyle.okezone.com/read/2017/03/03/481/1633178/tak-tularkan-penyakit-penderita-tbc-bisa-lakukan-6-hal-ini
lifestyle.okezone.com, 10 Maret 2017


PDPI Sulawesi Selatan & Utara. 10/03/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan
 

Free Web Counters

©2003 Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
Privacy Policy  webmaster@klikpdpi.com


 
Intranet PDPI