Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Sehatkan Paru-Paru dengan 5 Jenis Olahraga Ini
RSS Feed klikPDPI.com twitter PDPI Facebook Page - Kedokteran Paru & Respirologi Forum Respirologi (Umum) Foto Operasional web PDPI Foto Operasional web PDPI
Members
Untitled Document
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Bahaya Rokok Elektrik
 
Sehatkan Paru-Paru dengan 5 Jenis Olahraga Ini





Organ paru-paru memiliki peran penting dalam mengatur sistem pernapasan tubuh. Sehingga merawat serta menjaga paru-paru? agar tetap sehat dan bugar, sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap orang.

Selain mengonsumsi jenis makanan yang baik untuk paru-paru, tentu Anda bisa menilik jenis olahraga yang memang diprioritaskan, sebagai langkah alami dalam membantu organ paru-paru agar tetap sehat. Sehingga dengan menerapkan jenis olahraga pilihan ini, bisa menjadikan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

1. Olahraga Lari
Melakukan olahraga lari bisa dengan mudah untuk Anda terapkan. Selain jenis olahraga ini cukup menyenangkan, dengan berlari juga akan membuat otot diafragma menjadi lebih cepat dalam melakukan fungsi kerjanya. Sehingga dari situ akan melancarkan sistem penapasan, serta menjadikan pernapasan lebih sehat.

2. Bersepeda
Dengan cara bersepeda secara rutin dan teratur, memang bisa menjadikan kondisi paru-paru sehat dan bugar kembali. Yang mana di saat menggayung sepeda, maka secara otomatis tubuh Anda pun akan mengeluarkan dan menghirup oksigen secara perlahan. Sehingga dari situ akan memberikan khasiat, yakni meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu kegiatan bersepeda ini juga mampu menguatkan otot pernapasan tubuh, dan menjadikan aliran sirkulasi pernapasan tubuh menjadi lancar.

3. Berlatih Tai Chi
Berdasarkan hasil penelitian yang ada di rumah sakit umum Repatriasi dan Sydney University pada tahun 2012 silam, menunjukkan bahwa bagi orang yang menderita penyakit paru obstruktif kronik atau COPD, ternyata memiliki kualitas yang lebih baik setelah mereka melakukan Tai Chi. Yang mana di saat berlatih Tai Chi ini, terdapat kombinasi dari meditasi dan mengatur pernapasan yang disertai dengan gerakan lambat. Dari situ bisa menjadikan tubuh untuk meningkatkan serta memperkuat daya imunitasnya.

4. Bermain Futsal
Futsal termasuk salah satu jenis olahraga yang diminati oleh banyak orang. Kegiatan olahraga ini juga bisa menyehatkan paru-paru dalam tubuh. Yang mana di saat seseorang melakukan olahraga yang satu ini, maka secara bersamaan VO2 atau tingkat volume oksigen maksimal yang dikelola tubuh akan bekerja, serta mengukur seberapa cepat organ paru-paru melakukan proses sirkulasi udara.

5. Berenang
Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di University of The Pacific, AS, menunjukkan bahwa melakukan kegiatan renang juga dapat mengurangi frekuensi bernapas dan meningkatkan jumlah kadar oksigen yang masuk ke paru-paru. Bahkan dengan berenang, secara tak sengaja tubuh akan berlatih untuk mengambil dan menahan napas serta mengeluarkan napas. Sehingga akan membantu meningkatkan kinerja organ paru-paru untuk lebih maksimal.




http://nulis.co.id/?p=28077
nulis.co.id, 19 April 2017


PDPI Jatim. 19/04/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan
 

Free Web Counters

©2003 Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
Privacy Policy  webmaster@klikpdpi.com


 
Intranet PDPI