"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Minimalisir Serangan Asma Dengan Cara Berikut
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Mengenal COPD/PPOK

 

Minimalisir Serangan Asma Dengan Cara Berikut
paru malang
image: mengatasiasma.com



Selain dengan terapi obat, penyakit asma dapat dihindari atau diminimalisir jika penderita menjauhi hal-hal yang menjadi faktor pencetusnya. Prof.Dr. Hadiarto Mangunnegoro, SpP(K) memaparkan beberapa hal yand sebaiknya dihindari atau diwaspadai penderita asma.

Mengonsumsi Makanan Pemicu Alergi
Hindari makanan-makanan yang dapat memberikan reaksi pada tubuh, misalnya menghindari kacang-kacangan bagi mereka yang alergi terhadap kacang, atau makanan laut bagi mereka yang alergi makanan laut.

Melakukan Olahraga yang Terlalu Berat
Olahraga yang terlalu berat dan dengan porsi berlebihan dapat memicu kambuhnya asma. Adapun olahraga yang baik bagi penderita asma adalah olahraga yang dapat melatih pernapasan, seperti berenang dan yoga.

Udara yang Kurang Bersahabat
Udara dingin biasanya membuat asma kembali kambuh. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengenakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh, serta mengonsumsi minuman atau makanan yang hangat-hangat.

Lingkungan yang Kurang Sehat
Misalnya, hunian yang dekat dengan pabrik, paparan asap rokok dan tempat tinggal yang kurang higienis. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan adalah memilih lingkungan tempat tinggal yang sehat, menghindari paparan asap rokok dan tidak merokok, serta membersihkan rumah dengan teratur agar debu dan tungau tidak berkembang biak.


Sumber Berita : http://www.1health.id/...
Sumber Gambar : http://mengatasiasma.com/...
1health.id, 15 September 2017


PDPI Lampung & Bengkulu. 15/09/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan