"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Kenali 3 Tahapan Terjadinya Sel Kanker Paru-Paru
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Mengenal COPD/PPOK

 

Kenali 3 Tahapan Terjadinya Sel Kanker Paru-Paru
paru malang
image: cdn2.tstatic.net


Kanker paru tidak terjadi dalam jangka waktu yang singkat dan langsung. Pasalnya, tubuh memiliki sistem imunitas untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

DR dr Elisna Syahruddin, SpP(K), PhD, spesialis paru, mengatakan, asap polusi yang terhirup atau dihirup bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel di saluran nafas. Di sini tubuh biasanya memperbaikinya seperti sedia kala.

Dalam suatu kondisi, tubuh bisa saja tidak bisa memperbaiki kerusakan sel dan bisa mencetuskan terjadinya kanker paru. Dr Elisna menjelaskan, terdapat tiga tahapan bisa terjadinya kanker paru.

Inisiasi
"Tahap inisiasi ini, tubuh memperbaiki sel yang tidak normal menjadi kembali lagi ke normal," ungkap dr Elisna di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Barat, Jumat 10 Februari 2017. Bila saluran nafas terpapar asap polusi secara terus-menerus dan tahap inisiasi ini tidak bisa dilakukan lagi, maka perbaikan sel masuk ke tahap promosi.

Promosi
"Kemudian masuk ke promosi, karena sel berubah menjadi tidak normal. Tapi tubuh punya kemampuan membunuh yang sel yang tidak normal itu," jelasnya. Namun, sel yang tidak normal itu bisa saja tidak bisa teratasi lagi oleh sistem tubuh dan berkembang menjadi sel pencetus kanker.

Karsinoma
Perkembangan sel ganas ini disebut karsinoma atau kanker, terjadi setelah melewati inisiasi dan promosi. Dr Elisna menjelaskan, perkembangan sel kanker ini bisa cepat atau lambat, tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing orang.


Sumber Berita : https://lifestyle.okezone.com/read/....
Sumber Gambar : http://cdn2.tstatic.net/wartakota/...
lifestyle.okezone.com, 25 September 2017


PDPI Lampung & Bengkulu. 25/09/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan