"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Panduan Olahraga yang Aman untuk Pasien Kanker Paru
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Mengenal COPD/PPOK

 

Panduan Olahraga yang Aman untuk Pasien Kanker Paru
paru malang
image: inibaruberita.com


Banyak orang yang menganggap kalau orang yang punya kanker sebaiknya tidak berolahraga, apalagi pasien kanker paru yang memiliki gangguan pernapasan. Padahal, olahraga justru dapat membantu pengobatan kanker jadi lebih lancar dan efektif. Simak di sini manfaat olahraga untuk kanker paru, beserta panduan cara berolahraga yang aman.

Manfaat olahraga untuk kanker paru
Olahraga umumnya dianggap hanya akan membuat pasien kanker paru jadi lebih lemah, lelah, dan sulit bernapas. Namun pada dasarnya hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi Anda, yang punya tubuh. Bahkan telah banyak penelitian yang menyebutkan kalau olahraga untuk kanker paru dapat membuat pengobatan berjalan lebih lancar.
Salah satunya dibuktikan dalam studi yang dimuat pada jurnal Translational Lung Cancer Research, yang mengungkapkan kalau olahraga sangat penting dan wajib dilakukan pasien dengan kanker paru. Dalam jurnal tersebut diketahui kalau olahraga justru dapat meningkatkan sistem imun pasien, menguatkan otot, serta mencegah penurunan berat badan drastis.
Bahkan, dengan berolahraga rutin, pasien kanker paru dapat melewati pengobatan kanker lebih baik, lebih sedikit mengalami efek samping pengobatan, serta mencegah kanker kambuh kembali di kemudian hari.

Jenis olahraga apa yang aman untuk dilakukan
Meski begitu, jenis olahraga untuk kanker paru tak bisa sembarangan. Pasalnya, selain rentan mengalami kelelahan, pasien kanker paru juga rata-rata memiliki masalah dengan pernapasannya. Salah-salah, justru membuat kondisi pasien memburuk.
Lalu, seperti apa olahraga untuk kanker paru yang baik dan aman Sebenarnya, tak perlu pasien melakukan olahraga yang berat. Hanya perlu menjaga status fisiknya tetap aktif setiap hari. Anda bisa melakukan aktivitas ringan dan sederhana seperti:
- Berkebun
- Menggunakan tangga dari pada menaiki eskalator atau lift
- Berjalan-jalan santai bersama hewan kesayangan, atau bisa juga bersama dengan kerabat Anda.
Jika ingin tetap berolahraga, pasien kanker dapat melakukan jenis olahraga seperti yoga, tai-chi, berenang, dan bersepeda dengan santai. Hindari melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, seperti aerobik, karena berisiko untuk menimbulkan masalah pernapasan.

Tips melakukan olahraga untuk kanker paru yang aman
Berikut adalah tips agar olahraga Anda tetap aman dan tak menimbulkan masalah saat dilakukan:
- Dengarkan tubuh Anda. Ketahui batas kemampuan tubuh, bila Anda merasa kelelahan maka sebaiknya segera hentikan kegiatan yang sedang Anda lakukan. Berikan tubuh jeda dan waktu untuk istirahat. Bila sudah, Anda bisa memulai aktivitas fisik kembali secara perlahan. Misalnya saja, mulai berjalan santai kembali, kalau lelah segera berhenti.
- Gunakan pedometer. Pedometer adalah alat untuk mengukur seberapa banyak langkah yang telah Anda lakukan. Hal ini akan membuat Anda termotivasi untuk berolahraga dan Anda jadi tahu seberapa kemampuan tubuh Anda setiap harinya. Buatlah peningkatan setiap harinya, tentu tak perlu peningkatan yang drastis, cukup perlahan-lahan saja agar tubuh Anda terlatih dan semakin kuat tiap hari.
- Perbaiki postur tubuh. Untuk menjaga tulang rangka dan persendian tetap sehat, Anda juga harus memerhatikan postur tubuh setiap melakukan gerakan. Misalnya, ketika duduk, usahakan untuk punggung tegap dan tak membungkuk. Hal ini akan mengurangi risiko masalah persendian yang mungkin saja Anda alami. Untuk melatihnya, Anda dapat berlatih yoga secara rutin.
- Melakukan peregangan dan pendinginan. Jangan lupa untuk melakukan kedua hal tersebut di setiap Anda berolahraga, agar otot Anda tidak kaget dan tegang.

Selain itu, sebelum melakukan olahraga, sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter yang menangani Anda. Karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, Anda harus bertanya lebih dahulu pada dokter Anda, jenis olahraga apa saja yang boleh dilakukan dan tak boleh dilakukan.



Sumber Berita : http://www.ucnews.id/news/....
Sumber Gambar : http://hl-img.peco.inibaruberita.com/...
ucnews.id, 28 September 2017


PDPI Malang. 28/09/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan