"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Jika Seperti Ini, Bisa Jadi Sesak Napas yang Dialami Disebabkan Asma
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Mengenal COPD/PPOK

 

Jika Seperti Ini, Bisa Jadi Sesak Napas yang Dialami Disebabkan Asma
paru malang
image: obatpenyakit.id


Jika Seperti Ini, Bisa Jadi Sesak Napas yang Dialami Disebabkan Asma

Sesak napas tidak melulu disebabkan karena asma. Tapi, jika sesak napasnya seperti ini, kemungkinan besar memang sesak napas yang dialami diakibatkan asma.

"Kita menyebut asma sebagai sindrom, bukan penyakit karena ini sangat kompleks. Asma muncul dengan berbagai variabel yang tidak mudah didefinisikan," kata Chitra Dinakar, MD, profesor kedokteran klinis di Stanford University.

Nah, jika sesak napas yang dialami seperti ini, bisa jadi menunjukkan bahwa sesak napas yang dialami diakibatkan oleh asma.

1. Disertai batuk saat tertawa atau di sela-sela olahraga
Menurut Dinakar, batuk saat tertawa, terjadi di malam hari, atau ketika Anda berolahraga berkaitan dengan asma. Meski demikian, bukan berarti tidak ada kemungkinan adanya masalah pernapasan lainnya.

"Ketika batuk seperti itu disertai sesak napas, asma bisa jadi penyebab utamanya," ujar Dinakar yang juga juru bicara American College of Allergy, Asthma and Immunology ini kepada Prevention.

2. Berkaitan dengan alergi
Dinakar mengatakan banyak alergen klasik yang juga menjadi pemicu asma. Jika Anda mengalami sesak napas setelah menghabiskan waktu dengan kucing atau hewan serta melakukan kontak dengan serbuk sari, bisa jadi sesak napas tersebut juga disebabkan asma.

Terlebih, jika Anda mengalami gejala alergi lain seperti bersin dan mata gatal, menurut Dinakar kemungkinan besar sesak napas Anda disebabkan asma.

3. Dipicu udara yang kering dan asap rokok
Selain alergen, asap rokok dan udara yang kering juga umum menjadi pemicu asma, demikian disampaikan Dinakar. Apalagi jika masalah pernapasan Anda makin parah ketika pergi kerja atau ke tempat tertentu, sesak napas yang dialami bisa jadi disebabkan asma yang terkaitan dengan iritasi dari lingkungan.

4. Sering dialami pula saat kecil
"Jadi hal yang umum di mana pasien asma saat dewasa memiliki asma saat kanak-kanak. Di banyak kasus, orang menghindari berbagai pemicu dan perilaku sehingga asmanya tak lagi kambuh," kata Dinakar.

Tapi kemudian, karena menganggap sudah 'aman' dari asma, mereka melakukan olahraga berat dan kembali bergaul dengan perokok, maka gejala asma pun kambuh. Dinakar menuturkan ketika Anda punya asma saat anak-anak kemudian mengalami sesak napas disertai beberapa keluhan, kemungkinan besar sesak napas tersebut memang disebabkan asma.

5. Ada suara 'ngik-ngik' saat menghembuskan napas
Menurut Dinakar, asma sering pula dikira kondisi serupa yang disebut rhonchi di mana ada sesak di dada dan tak nyaman akibat gangguan napas lain seperti Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkhitis. Rhonchi, kata Dinakar biasanya disebabkan hidung yang tersumbat dan adanya lendir di dada.

"Pada asma, salah satu bedanya adalah suara ngik-ngik yang timbul kerap terjadi saat Anda menghembuskan napas. Jadi, ketika sesak napas disertai suara ngik-ngik saat menghembuskan napas, itu bisa jadi tanda asma," kata Dinakar.

6. Pakai inhaler, sesak napas membaik
Saat sesak napas dan inhaler bisa membantu mengatasi masalah Anda, sesak napas yang dialami sudah pasti karena asma. Tapi, kata Dinakar, beberapa orang ada yang tidak mengalami perbaikan meski sudah memakai inhaler ketika sesak napas.

"Jika memakai inhaler tidak memperbaiki kondisi Anda, berarti sesak napas yang dialami bukan disebabkan asma," kata Dinakar.




Sumber Berita : https://health.detik.com/read/2017/....
Sumber Gambar : http://obatpenyakit.id/i/2017/....
health.detik.com, 06 Oktober 2017


PDPI Malang. 06/10/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan