"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Cara Sederhana Cegah Kanker Paru Sejak Dini
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Mengenal COPD/PPOK

 

Cara Sederhana Cegah Kanker Paru Sejak Dini
paru malang
image: redorbit.com


Jumlah perokok aktif di Indonesia masih tinggi. Kondisi tersebut memicu tingginya angka kanker paru, baik pada kaum pria maupun wanita.

Meski kaum pria lebih banyak menjadi perokok aktif, angka kanker paru tidak hanya menimpa kelompok pria, tapi juga kaum wanita. Hal ini disebabkan banyak wanita yang menjadi perokok pasif dan banyak menghirup asap dari dapur.

"76 persen pria di Indonesia itu perokok aktif sedangkan angka itu juga menyebabkan tingginya angka perokok pasif pada wanita. Ditambah dengan menghirup asap masakan di dapur, memicu kanker paru muncul di tubuh," ujar Spesialis Patologi Klinik dari RSK Dharmais, Dr. Evelina Suzanna, Dalam temu media Mengenal Lebih Dalam Imunoterapi pada Kanker Paru di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat 6 Oktober 2017.

Memahami hal tersebut, Evelina berujar bahwa cara paling utama dan paling mudah dalam mencegah kanker paru yaitu dengan menghindari asap rokok. Pencegahan primer ini yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat umum.

"Pencegahan primer itu dengan kita menghindari penyebab utamanya, yaitu rokok. Hindari menjadi perokok aktif dan hindari para perokok aktif itu," paparnya.

Polusi udara juga menjadi salah satu faktor risiko kanker paru menyerang. Tetapi, hal ini sulit dihindari karena lingkungan yang kita tinggali cenderung memiliki polusi udara yang buruk untuk kesehatan.

"Karena tidak bisa dihindari, kita bentuk tubuh sehat melalui makanan. Pilih makanan yang memperkuat kesehatan agar sel tubuh tetap bagus. Selain itu, kalau memiliki risiko besar dari genetik, usahakan berolahraga di pagi hari, karena oksigennya masih bagus untuk dihirup tubuh," kata dia.




Sumber Berita : http://www.viva.co.id/gaya-hidup/....
Sumber Gambar : http://www.redorbit.com/media/....
viva.co.id, 07 Oktober 2017


PP-PDPI. 07/10/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan