"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Kenali Kondisi Batuk pada Kanker Paru-paru
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

Tutorial Aplikasi ISR

Mengenal COPD/PPOK

 

Kenali Kondisi Batuk pada Kanker Paru-paru
paru malang
kompas.com


Mendeteksi dini kanker paru-paru, tidak semudah deteksi dini pada kanker payudara. 70 persen kasus kanker paru-paru, dideteksi setelah sel kanker menyebar. Hal ini dikarenakan sulitnya membedakan tanda-tanda dini pada kanker paru-paru.

Sakit punggung, sakit kepala, turunnya berat badan dan kelelahan, menjadi tanda-tanda dini pada kanker paru-paru. Namun, ada tanda lebih mudah dalam mendeteksi kanker jenis ini, yaitu batuk kronis.

Saat tumor menekan bronkus, kantung udara di paru-paru akan terus dirangsang dan terlihat dalam bentuk batuk," ujar spesialis radiasi onkologi, Dr. Andrea McKee,M.D., dikutip dari laman Glamour.

Batuk memang sangat universal. Tapi, ciri khas batuk pada kanker paru-paru akan terlihat. Pertama, batuk disertai pilek akan terjadi dalam waktu lama. Artinya, penyebab batuk bukan berasal dari virus atau bakteri.

Batuk yang terjadi dalam waktu dua hingga tiga minggu, harus diwaspadai. Menurut Andrea, batuk yang juga disertai darah, berarti tumor telah sangat dekat dengan bronkus.

Memang, batuk kronis bisa juga menjadi tanda tubuh mengalami refluks asam lambung atau asma. Tetapi, tidak ada salahnya segera menemui dokter, saat kondisi batuk Anda sudah seperti tanda-tanda dini kanker paru-paru. Sebab, 90 persen kanker paru-paru yang dideteksi dini, dapat disembuhkan.




Sumber Berita : http://www.viva.co.id/gaya-hidup/...
Sumber Gambar : https://www.pengensehat.com/wp-content/uploads/...
viva.co.id, 18 November 2017


PDPI Malang. 18/11/17.



Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan