"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - TBC Bukan Hanya Penyakit turunan
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

World TB Day 2018 oleh PDPI

Tutorial Aplikasi ISR
"
 

 

TBC Bukan Hanya Penyakit turunan

Beberapa waktu belakangan, beredar kabar bahwa penyakit tuberculosis (TBC) merupakan penyakit keturunan dan bisa mematikan. Namun, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja dan bukan penyakit keturunan.

TBC merupakan jenis penyakit yang biasanya menginfeksi paru-paru. Bahkan, penyakit tersebut juga bisa menyerang tulang, kulit dan bagian tubuh lainnya. Penyakit tersebut dapat disembuhkan. Namun, bisa menular melalui udara. Tepatnya melalui percikan dahak yang dikeluarkan penderitanya, baik ketika batuk maupun bersin.

Dokter spesialis paru, Dr dr Erlina Burhan SpP(K), MSc mengatakan, TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Sebanyak 85 persen infeksi menyerang paru-paru. “Bisa juga ke jantung, ginjal dan tulang. Pengidap TBC terjadi pada usia produktif,” kata Erlina dalam acara “Talkshow Kesehatan tentang TBC”.


Baca juga : Pengobatan Tuberkulosis yang Tak Mempan, Bisa Jadi Pertanda Kanker Paru


TBC pada paru ditandai dengan durasi batuk berdahak lebih dari dua minggu. Jika sudah meluas, pengidap TBC paru akan mengalami sesak nafas. Batuk disertai darah juga akan muncul jika pembuluh darah pecah. “Kalau menyerang tulang, timbul rasa nyeri seperti nyerti di pinggang. Tulang juga bisa bengkok. Jika TBC paru terkena pada ibu hamil, secara teori bisa berpengaruh ke janin. Janin kekurangan oksigen, berat badannya rendah ketika lahir, dan stunting (pertumbuhan yang terhambat),” ucap Erlina.

Untuk mengetahui ada tidaknya TBC, pemeriksaan dapat dilakukan melalui tes Mantoux atau pun tes IGRA (interferon-gamma release assays). Pemeriksaan TBC laten lebih ditujukan kepada orang dengan sistem imunitas lemah atau pernah melakukan kontak dengan pengidap. “Jadi TBC bukan hanya penyakit turunan. Tapi juga bisa timbul di usia produktif. Agar tidak terjangkit penyakit tersebut, masyarakat hendaknya menerapkan pola hidup sehat,” tandas dia


Sumber : https://www.malang-post.com/ragam/fakta/tbc-bukan-hanya-penyakit-turunan



PDPI Sulawesi Selatan & Utara. 28/02/18.




Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan