"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Tidak Hanya Rokok, Paparan Zat Kimia Juga Dapat Sebabkan Kanker Paru
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

World TB Day 2018 oleh PDPI

Tutorial Aplikasi ISR
"
 

 

Tidak Hanya Rokok, Paparan Zat Kimia Juga Dapat Sebabkan Kanker Paru

Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Tapi tahukah Anda tidak hanya orang yang merokok saja yang dapat terindikasi kanker paru-paru, tetapi orang yang tidak merokok juga dapat terserang kanker paru-paru.

Seperti dilansir dari NHS, perokok pasif, radon, dan polusi dan paparan dari zat kimia juga dapat menyebabkan kanker loh. Berikut penjelasannya:

Rokok

Merokok merupakan salah satu faktor utama penyebab kanker paru-paru. Hal ini ditunjukkan dengan adanya 85 persen penyebab kanker paru-paru. Lebih dari 60 zat berbahaya yang ada pada tembakau rokok dapat menyebabkan pertumbuhan kanker. Zat tersebut dikenal dengan sebutan carcinogenic.

Jika Anda merokok lebih dari 25 batang rokok sehari Anda dapat terindikasi 25 kali lebih cepat di bandingkan dengan orang yang tidak merokok. Dan Ketika Anda menggunakan berbagai jenis rokok:

- Cerutu
- Tembakau pipa
- Tembakau bubuk
- Tembakau yang dikunyah

Hal tersebut dapat meningkatkan kanker paru-paru dan jenis kanker lainnya. Seperti kanker esofagus dan kanker mulut.

Perokok pasif

Walaupun Anda tidak merokok, tetapi frekuensi Anda terkena asap rokok seseorang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru-paru. Sebuah penelitian menemukan bahwa seorang wanita yang tinggal dengan pasangannya yang merokok dalam satu rumah menunjukkan 25 persen dapat berkembang kanker paru-paru. Daripada wanita yang tinggal dengan pasangannya yang tidak merokok.


Baca juga : Ini Gejala Kanker Paru-Paru Tahap Awal dan Stadium Lanjut


Radon

Merupakan salah satu unsur kimia, gas radioaktif yang berasal dari jumlah kecil uranium yang ada pada batu dan tanah. Radon dapat kita temui pada bangunan. Jika radon dihirup hal tersebut dapat merusak paru-paru Anda, apalagi jika Anda perokok. Radon diperkirakan tiga persen menjadi penyebab kematian kanker paru-paru di Inggris.

Paparan polusi dan zat kimia

Paparan dari zat dan bahan kimia yang digunakan dalam beberapa pekerjaan dan industri yang dikaitkan dengan tingginya risiko perkembangan kanker paru-paru. Berikut zat dan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker:

- Arsenik
- Asbes
- Berilium
- Kadmium
- Asap batu bara dan coke
- Silika
- Nikel

Penelitan juga menyarankan bahwa terpapar asap diesel dalam jumlah yang banyak dan bertahun-tahun memungkinkan meningkatkan risiko perkembangan kanker paru-paru sampai 50 persen. Pada penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa jika Anda tinggal di daerah dengan tingkat gas nitrogen oksida yang tinggi (dihasilkan oleh mobil, motor dan kendaraan lainnya) hal tersebut akan meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/02/07/481/1856152/tidak-hanya-rokok-paparan-zat-kimia-juga-dapat-sebabkan-kanker-paru



PDPI Jatim. 02/04/18.




Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan