Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Waspadai Gejala Awal Kanker Paru
Waspadai Gejala Awal Kanker Paru
Tanggal: 13/04/17
Topik: Umum


Kanker paru merupakan salah satu stadium lanjut jenis kanker dengan insiden tertinggi. Menurut data WHO tahun 2014, insiden kanker paru pada laki-laki Indonesia mencapai 25,322 orang. Sementara, pada wanita insiden paru tiga kali lebih sedikit, yaitu sebesar 9,374 orang.

Waspadai Gejala Awal Kanker Paru





Kanker paru merupakan salah satu stadium lanjut jenis kanker dengan insiden tertinggi. Menurut data WHO tahun 2014, insiden kanker paru pada laki-laki Indonesia mencapai 25,322 orang. Sementara, pada wanita insiden paru tiga kali lebih sedikit, yaitu sebesar 9,374 orang.Kanker paru terjadi ketika terdapat pertumbuhan sel tak terkontrol dalam jaringan paru.

Dokter Achmad Mulawarman Jayusman, Sp.P (K), Dokter Spesialis Pulmonologi dan Respirasi dari MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta mengatakan bahwa rokok merupakan faktor risiko paling umum dari kanker paru. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 70 persen penyebab kanker paru berkaitan dengan kebiasaan merokok.

Zat berbahaya karsinogen yang terdapat dalam rokok tembakau berpotensi merusak sel-sel yang normal. Seiring berjalannya waktu, sel-sel yang rusak tersebut dapat berubah menjadi kanker. Perokok pasif juga berisiko tinggi terhadap kanker paru. Semakin sering seseorang terpapar asap rokok maka semakin besar pula risiko terkena kanker tersebut. Selain rokok, faktor risiko lain penyebab
kanker paru adalah gas radioaktif, paparan jangka panjang terhadap asbes dan polusi udara. Seseorang dengan anggota keluarga yang memiliki atau menderita kanker paru juga rentan terkena kanker.

Dari segi usia, kanker paru paling banyak diidap oleh pasien yang berusia diatas 40 tahun. Biasanya, kanker paru tak akan menampakkan gejala yang serius hingga tahap menengah. Terkadang gejala telah terlihat pada masa-masa awal namun seringkali diabaikan dan dianggap sebagai keluhan biasa.

Berikut beberapa gejala kanker paru yang harus diwaspadai:
1. Batuk terus menerus dan tak kunjung sembuh.
2. Mengalami sesak napas.
3. Mengalami batuk darah.
4. Mengalami neyri dada.
5. Sering terkena infeksi paru.
6. Sering merasa letih atau lelah.
7. Kehilangan berat badan secara signifikan.



http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/waspadai-gejala-awal-kanker-paru.html
1health.id, 13 April 2017






Artikel ini diambil dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
http://www.klikpdpi.com

URL (alamat situs web) artikel ini adalah:
http://www.klikpdpi.com/modules.php?name=News&file=article&sid=7804