"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Tips Dokter Menghindari Serangan Asma di Musim Hujan
Tips Dokter Menghindari Serangan Asma di Musim Hujan
Tanggal: 12/10/17
Topik: Umum


Udara yang lebih dingin di musim hujan bisa membuat beberapa pengidap asma lebih rentan mengalami serangan. Untuk menghindarinya dokter menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan.


Tips Dokter Menghindari Serangan Asma di Musim Hujan
paru malang
image: prfmnews.com


Udara yang lebih dingin di musim hujan bisa membuat beberapa pengidap asma lebih rentan mengalami serangan. Untuk menghindarinya dokter menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Ketua Divisi Asma RS Persahabatan Profesor Dr dr Faisal Yunus, SpP(K), mengatakan sebetulnya bukan suhu langsung yang sering menyebabkan asma melainkan flu. Seperti yang sudah diketahui udara dingin dapat membuat flu lebih mudah menyerang dan saat itu lah bisa terjadi reaksi yang berujung pada asma.

"Kalau kena hujan kena angin sebetulnya enggak mengapa. Tapi begitu kena flu dia akan timbul serangan, karena flu menurunkan daya tahan dan memudahkan lepasnya sel-sel inflamasi yang menimbulkan serangan asma," kata Prof Faisal kepada detikHealth ketika ditemui di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut tentu yang jelas menjaga kebugaran tubuh dengan mengonsumsi makanan nutrisi seimbang dan olaraha teratur. Lebih dari itu sebagai langkah pencegahan Prof Faisal juga menyarankan seorang pengidap asma rutin memakai obat asma setiap akan beraktivitas.

"Kalau dia merasa akan kena flu, langsung pakai saja obat-obat asma enggak apa-apa. Tidak usah khawatir efek sampingnya karena itu minimal sekali, daripada nanti malah sakit lebih berat," kata Prof Faisal.

"Terus kalau dia mau keluar beraktivitas tapi hujan, pakai obat semprot dulu untuk melindungi diri," lanjutnya.

Hal terakhir yang disarankan Prof Faisal adalah menjaga diri agar jangan terlalu capai beraktivitas. Faktor lelah disebutnya sebagai salah satu hal yang sering memicu asma selain flu.



Sumber Berita : https://health.detik.com/read/....
Sumber Gambar : http://www.prfmnews.com/images/ta2es_matar.jpg
health.detik.com, 12 Oktober 2017






Artikel ini diambil dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
http://www.klikpdpi.com

URL (alamat situs web) artikel ini adalah:
http://www.klikpdpi.com/modules.php?name=News&file=article&sid=8107