"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - 5 Teknik Pernapasan Sederhana yang Baik untuk Kesehatan
5 Teknik Pernapasan Sederhana yang Baik untuk Kesehatan
Tanggal: 30/10/17
Topik: Umum


Tubuh memerlukan oksigen untuk menjalankan sistem di dalamnya. Oksigen bisa didapatkan dengan cara bernapas. Setidaknya tubuh bernapas 20.000 kali dalam sehari. Namun seringkali kita tidak menyadari saat proses pernafasan terjadi. Padahal, jika kita memberi sedikit perhatian pada proses pernapasan akan membawa pengaruh positif bagi kesehatan.

5 Teknik Pernapasan Sederhana yang Baik untuk Kesehatan

paru paru
image : bogor-today.com


Tubuh memerlukan oksigen untuk menjalankan sistem di dalamnya. Oksigen bisa didapatkan dengan cara bernapas.

Setidaknya tubuh bernapas 20.000 kali dalam sehari. Namun seringkali kita tidak menyadari saat proses pernafasan terjadi. Padahal, jika kita memberi sedikit perhatian pada proses pernapasan akan membawa pengaruh positif bagi kesehatan.

Menurut ahli neurofisiologi dari Sussex University, Dr David Lewis, belajar bernapas dengan benar bisa membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan mengurangi rasa sakit.

Pernapasan yang buruk dapat membuat orang mudah tersinggung, panik, atau masalah pernapasan seperti sinusitis dan bronkitis. Hal itu tentu membuat tubuh merasa lesu dan memicu insomnia, kata Dr David dikutip dari Mirror, Jumat (27/10/2017).

Dr David menginformasikan cara mudah yang dapat dilakukan agar mendapatkan manfaat yang baik dari pernapasan, antara lain;

Mengurangi stres dan kecemasan
Bila Anda sering dilanda stres dan kecemasan, tentu akan berpengaruh terhadap sistem pernapasan. Cobalah menggunakan teknik bernapas yang biasa digunakan untuk mengobati hiperventilasi. Anda bisa berbaring di tempat tidur dengan bantal di bawah lutut Anda. Letakkan satu tangan di dada bagian atas dan tangan lainnya di perut, tepat di bawah tulang rusuk.

Pemberian energi
Bila Anda merasa lelah, cobalah tarik napas dalam-dalam selama tiga detik melalui satu lubang hidung. Lakukan sambil menarik perut bagian bawah secara fokus.
Kemudian, hembuskan napas melalui lubang yang lain dalam waktu setengah detik, seolah meniup lilin. Teknik ini akan mengaktifkan diafragma Anda dan membantu membersihkan CO2 di dasar paru-paru. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih berenergi karena paru-paru sudah lebih bersih.

Memperkuat tubuh
Bila Anda menginginkan tubuh yang kuat, coba terapkan teknik latihan pernapasan yoga. Caranya bungkuk dengan mulut terbuka dan tajamkan bagian belakang tenggorokan. Teknik ini mungkin sedikit menyempitkan saluran udara. Bernapaslah dengan perlahan dan menghirup udara sebanyak-banyaknya. Kendalikan tenggorokan saat nafas dibuang, kemudian tutup mulut dan mulai bernafas melalui hidung.

Mengurangi rasa sakit
Pernapasan yang lambat akan mengaktifkan endorfin (penghilang rasa sakit alami dari tubuh) dan otak bagian tengah yang bertanggung jawab untuk modulasi serta toleransi rasa sakit. Teknik ini membuat intensitas rasa sakit menjadi berkurang.
Cara melakukannya adalah berbaring telentang, letakkan satu tangan di dada dan satunya lagi di perut. Bernapaslah secara perlahan selama lima kali hitungan dari perut. Lima kali melebar dan lima kali mengempis.

Meringankan asma
Bagi penderita asma, pernapasan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pernafasan karena lebih banyak jumlah karbon dioksida yang keluar. Hal itu membuat darah menjadi terlalu basa dan saluran udara menyempit. Untuk mengatasinya, cobalah bernapas dengan normal, lalu keluarkan sedikit demi sedikit udara yang ada sehingga paru-paru tidak terlalu penuh.
Jepit hidung dan tahan napas dengan mulut tertutup selama lima detik setelah ada keingan untuk bernapas. Saat mulai bernapas lagi, hiruplah udara yang masuk sebanyak mungkin dan keluarkan sedikit mungkin.


Sumber Berita : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/....
Sumber Gambar : http://www.bogor-today.com/wp-content/....


lifestyle.okezone.com, 30 oktober 2017






Artikel ini diambil dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
http://www.klikpdpi.com

URL (alamat situs web) artikel ini adalah:
http://www.klikpdpi.com/modules.php?name=News&file=article&sid=8137