"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Batuk Darah Bisa Jadi Gejala Penyakit Kanker Paru
Batuk Darah Bisa Jadi Gejala Penyakit Kanker Paru
Tanggal: 31/01/18
Topik: Umum


Kanker paru itu merupakan kanker yang sulit diketahui gejalannya. Sebab dia itu bersembunyi tapi jika Anda mengalami batuk darah dengan darah mengental bisa jadi itu adalah kanker paru

Kanker paru adalah penyakit ganas yang sulit disembuhkan. Sehingga menyebabkan mortalitas tetap tinggi dengan angka tahan hidup lima tahun.

Kanker ini pun sangat sulit dideteksi karena tidak ada tanda pada fisik yang terkena. Meski begitu, ada satu tanda yang menjadi kemungkinan besar adalah gejala kanker baru, yaitu batuk darah.

"Kanker paru itu merupakan kanker yang sulit diketahui gejalannya. Sebab dia itu bersembunyi tapi jika Anda mengalami batuk darah dengan darah mengental bisa jadi itu adalah kanker paru," ujar Dr Ahmad Hudoyo Sp.P (K) di Jakarta.


Baca juga : Bahaya Penggunaan Pil Pelangsing Jangka Panjang pada Paru-paru


Tapi, batuk berdarah itu tidak bisa memberikan petunjuk tentang stadium kanker yang diderita. Deteksi kanker paru baru bisa dilakukan dengan biopsi.

"Tapi kita tidak tahu itu stadium berapa. Soalnya kan hanya bisa biopsi tapi karena sudah ada balon karet jadinya bisa diketahui," kata dia.








Artikel ini diambil dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
http://www.klikpdpi.com

URL (alamat situs web) artikel ini adalah:
http://www.klikpdpi.com/modules.php?name=News&file=article&sid=8298