"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Cegah Penyakit Paru Obstruktif Kronis dengan Cara Ini
Cegah Penyakit Paru Obstruktif Kronis dengan Cara Ini
Tanggal: 26/04/18
Topik: Umum


Penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan mantan ibu negara Amerika Serikat, Barbara Bush meninggal dunia. Sebenarnya, penyakit apa ini dan bagaimana cara mencegahnya?

Penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan mantan ibu negara Amerika Serikat, Barbara Bush meninggal dunia. Sebenarnya, penyakit apa ini dan bagaimana cara mencegahnya?

Berdasarkan pemaparan dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, penyakit paru obstruktif kronis adalah kondisi peradangan paru jangka panjang. Penyakit ini menyebabkan terjadinya obstruksi aliran udara pada paru.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis, kata dr. Kartika, memiliki beberapa faktor risiko, di antaranya:

Kebiasaan merokok

Setiap batang rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kebiasaan merokok atau sering terpapar asap rokok, risiko terjadinya penyakit berbahaya ini bisa meningkat berlipat ganda.

Polusi udara

Asap kendaraan bermotor, asap pabrik, atau debu yang masuk ke dalam saluran napas turut meningkatkan risiko penyakit paru obstruktif kronis.

Keturunan atau genetik

Jika memiliki anggota keluarga dengan penyakit paru obstruktif kronis, risiko Anda untuk mengalami kondisi yang sama menjadi semakin besar.

Usia

Semakin tua, fungsi paru-paru juga semakin menurun. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko kejadian penyakit paru obstruktif kronis, apalagi bila Anda memiliki tiga faktor risiko di atas.

Adapun tanda dan gejala yang sering timbul pada kasus penyakit paru obstruktif kronis, yaitu:

-Dada terasa sesak hingga kesulitan bernapas
-Kebiruan pada bibir dan kuku
-Rasa ingin mengeluarkan dahak setiap bangun tidur di pagi hari
-Batuk yang tak kunjung sembuh
-Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas


Baca juga : Mengenal Gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronis


Mencegah Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Terdapat cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil risiko penyakit paru obstruktif kronis, yakni:

1. Hindari rokok sama sekali

Seperti telah disinggung, rokok dan paparan asapnya dapat menyebabkan kejadian penyakit paru obstruktif kronis. Oleh karena itu, jika tak ingin terkena penyakit tersebut, pastikan Anda benar-benar menjauhkan diri dari rokok dan asapnya.

Dalam upaya menghindari paparan rokok, Anda bisa menarik diri dari pergaulan yang di dalamnya dipenuhi oleh perokok. Atau, beritahukan orang-orang sekitar untuk segera berhenti merokok, agar kesehatannya lebih terjaga dan tidak membuat orang lain berada dalam bahaya.

2. Gunakan masker saat keluar rumah

Dengan menggunakan masker saat keluar rumah, dampak buruk polusi udara bisa ditekan sekecil-kecilnya. Ini berarti, kejadian penyakit paru obstruktif kronis dan penyakit saluran napas lainnya bisa dicegah.

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Pastikan setiap menu yang Anda konsumsi setiap hari terdiri dari sebagian besar sayur dan buah-buahan, khususnya yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, jeruk, pisang, mangga; brokoli, asparagus, tomat dan lainnya.

Penting diketahui, antioksidan merupakan senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk untuk melawan senyawa berbahaya dari polusi udara maupun asap rokok.

4. Kendalikan faktor risiko riwayat keluarga

Agar penyakit paru obstruktif kronis tidak diwariskan ke Anda, tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin. Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, untuk memantau seberapa besar risiko terjadinya penyakit tersebut.

5. Vaksinasi

Anda atau anggota keluarga lainnya dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi terkait agar terhindar dari penyakit paru obstruktif kronis. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi secara langsung pada dokter.







Artikel ini diambil dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
http://www.klikpdpi.com

URL (alamat situs web) artikel ini adalah:
http://www.klikpdpi.com/modules.php?name=News&file=article&sid=8427