APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Inilah 5 Rekomendasi Sayuran yang Dapat Merawat Kesehatan Paru-paru, Mau Mencoba?
PDPI Jatim, 24 Ags 2021 07:58:52

Punya tubuh yang sehat merupakan impian semua orang, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Salah satu organ dalam tubuh yang penting dijaga adalah paru-paru, karena paru-paru berfungsi sebagai saluran pernafasan.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran secara rutin. Dilansir dari Detik Food, ini dia rekomendasi sayuran yang baik untuk kesehatan paru-paru. Simak yuk!

1. Tomat

Meskipun masih banyak orang yang bingung tomat masuk dalam golongan sayuran atau buah, si merah segar satu ini sebenarnya merupakan salah satu jenis sayuran. Tomat kaya akan Vitamin C yang selain menjadi sumber nutrisi, juga baik untuk meningkatkan kesehatan saluran pernafasan.

Vitamin C dalam tomat berperan penting untuk mengurangi asma, atau kondisi saluran udara yang menyempit di paru-paru akibat olahraga sebanyak 52%. Dan tentunya, rutin mengonsumsi tomat juga baik untuk memperbaiki kondisi paru-paru bagi mantan perokok.

2. Wortel 

Selama ini wortel dikenal memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi, dan baik untuk kesehatan mata. Hal tersebut merupakan fakta, karena dalam 100 gram wortel mengandung 1.067 mikrogram betakaroten yang mampu memenuhi kebutuhan Vitamin A pada tubuh 1,5 kali lebih banyak. Selain itu, wortel juga tinggi akan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas, termasuk saluran pernafasan.

3. Kale

Kale merupakan salah satu jenis sayuran yang masuk dalam kategori superfood karena memiliki berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi baik untuk tubuh. Kale kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, penyebab kerusakan paru-paru. Oleh karena itu kale dapat dikonsumsi secara rutin bagi penderita asma.

4. Bayam

Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dengan sifat anti inflamasi. Selain itu bayam juga mengandung zat Phytocemical yang mampu mencegah kerusakan oksidatif, meredakan peradangan, serta melawan kanker. Tidak hanya itu, bayam juga dapat meningkatkan imunitas serta membersihkan paru-paru sehingga baik untuk kesehatan saluran pernafasan.

5. Brokoli

Brokoli dinobatkan sebagai sayuran dengan sumber Sulforaphane (SFN) yang baik untuk tubuh karena dapat berperan sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri, hingga anti kanker. Sulforaphane pada brokoli juga terbukti dapat mencegah berbagai jenis kanker termasuk kanker paru-paru, sehingga baik dikonsumsi secara rutin. 

MITRA KERJA
VIDEO
 
UNS - Ngeyel
Uploaded on Sept 08, 2021
 
 
UB - Cerewet
Uploaded on Sept 08, 2021
 
 
UNILA - Corona oh Corona
Uploaded on Sept 08, 2021