APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
11 Manfaat Renang untuk Kesehatan dan Tips Berenang dengan Aman
PDPI Malang, 03 Nov 2021 07:11:19

Olahraga renang menjadi cabang olahraga yang banyak digemari. Berdasarkan data yang ada di databoks, diketahui bahwa renang dan olahraga air menjadi olahraga favorit nomor tiga di Olimpiade Tokyo 2020. Selain menyenangkan, manfaat renang juga sangat beragam. Hal tersebut mejadikan olahraga ini banyak digemari.

Manfaat Renang untuk Kesehatan

Sama halnya dengan jenis olahraga lain, berenang juga memberikan efek baik bagi kesehatan. Mengutip dari alodokter.com dan gooddoctor.co.id, berikut ini beberapa manfaat renang untuk kesehatan.

1. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat berenang yang pertama yaitu baik untuk memelihara kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, berenang juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan oksigen. Olahraga air ini juga dipercaga bisa memelihara fungsi organ dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menambah kapasitas paru-paru

Berenang juga memberikan manfaat bagi pengidap asam. Penelitian yang dilakukan di B.J. Medical College, India menyebutkan bahwa renang bisa menambah kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan.

Meskipun bermanfaat, namun air dengan kandungan klorin dapat meningkatkan risiko asma. Sehingga, bagi pengidap asma sangat disarankan untuk berenang di kolam yang tidak mengandung klorin.

3. Meningkatkan massa otot

Selain manfaat renang bagi jantung dan paru-paru, olahraga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Hal tersebut dikarenakan saat berenang tubuh akan bergerak melawan tekanan air. Selain itu, renang juga dipercaya bisa mengecilkan ukiran betis dan membuatnya terlihat lebih kencang. Aktivitas olahraga air ini juga dapat membuat otot dada lebih kuat dan terbentuk.

4. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal mungkin menjadi impian banyak orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh berat ideal. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin olahraga.

Salah satu jenis olahraga yang diketahui bermanfaat untuk menurunkan berat badan yaitu renang. Olahraga ini diketahui dapat membakar 500 - 650 kalori dalam satu jam.

5. Menghilangkan stres

Stres adalah sebuah kondisi yang banyak dialami orang. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik seperti berenang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat renang bisa melemaskan otot tubuh dan membuat badan lebih rileks. Dengan demikian stres bisa berkurang.

6. Memperbaiki suasana hati

Penelitian yang ada di Australasian Journal on Ageing 33(2) menyebutkan bahwa berenang bisa meningkatkan suasana hati penderita demensia. Tak hanya bagi penderita demensia saja, namun manfaat berenang yang satu ini juga bisa dirasakan oleh semua orang.

7. Menambah kualitas tidur

Tidur yang berkualitas juga menjadi hal penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sayangnya masih banyak orang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Untuk mengatasi hal tersebut olahraga renang bisa menjadi pilihannya.

Penelitian yang pernah dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukan bahwa berenang bisa menambah kualitas tidur mereka. Maka dari itu, apabila Anda mengalami masalah tidur, tak ada salahnya mencoba olahraga air ini.

8. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya yaitu bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan sendi. Sehingga aktivitas olahraga ini dapat dilakukan oleh penderita arthritis. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang melakukan olahraga ini secara rutin, mengalami penurunan nyeri sendiri.

9. Mengatasi saraf kejepit

Saraf kejepit merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan leluasa. Penderita masalah kesehatan ini umumnya lebih banya berbaring di tempat tidur. Apabila tidak mendapatkan penangangan dengan tepat, kondisi tersebut bisa membuat otot melemah dan sendi mengang. Untuk mengatasi masalah tersebut, berenang dapat menjadi pilihannya. Gerakan dalam olahraga ini dapat membuat otot punggung dan tulang belakang lebih santai dan rileks.

10. Menambah tinggi badan

Manfaat renang selanjutnya yaitu bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berenang bisa memperkuat tulang belakang dan membantu membentuk postur tubuh yang baik. Saat berenang otot tubuh akan bergerak. Ketika berada di dalam air tubuh juga harus bergerak melawan gravitasi. Hal tersebut berarti dada dan tubuh bagian atas akan melakukan peregangan dan kontraksi secara kontras. Gerakan tersebut yang bisa meningkatkan pertumbuhan tubuh.

11. Mencegah pembengkakan di pergelangan kaki saat hamil

Renang bisa membantu mendorong cairan dari jaringan ke pembuluh darah. Selain itu, olahraga ini bisa juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah berkumpul di tungkai bawah.

 

Tips Aman untuk Berenang

Agar manfaat renang tidak berkurang, maka perlu untuk mengetahui beberapa hal penting sebelum berenang. Melansir dari laman GoodDoctor, berikut beberapa tips aman untuk berenang. Renang di area yang khusus untuk berenang seperti kolam renang. Berlatih renang dengan baik dan benar. Apabila berenang di luar ruangan maka sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen. Perbanyak asupan cairan sebab berenang juga bisa menyebabkan dehidrasi. Patuhi peraturan di area kolam renang. Berenang sesuai dengan kemampuan. Maksudnya, jika Anda hanya mampu berenang di kedaman 2 meter, maka sebaiknya tidak berenang di kolam yang lebih dalam. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kecelakaan saat melakukan olahraga ini. Berhati-hati saat berenang. Gunakan pegangan di samping kolam renang agar tidak terpeleset.

MITRA KERJA
VIDEO
 
UNS - Ngeyel
Uploaded on Sept 08, 2021
 
 
UB - Cerewet
Uploaded on Sept 08, 2021
 
 
UNILA - Corona oh Corona
Uploaded on Sept 08, 2021