APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Mengenal Penyakit Kanker Paru-Paru, Penyebab hingga Pencegahannya
PDPI Malang, 29 Jul 2022 23:14:52

Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Di hari kanker paru-paru dunia 2022, penyakit ini nyatanya bisa dicegah dengan beberapa perubahan gaya hidup sehat.

Meskipun tidak ada cara pasti untuk menghindari kanker paru-paru, dilansir dari Hindustantimes pada Minggu (31/7/2022), berikut dijelaskan oleh Konsultan Onkologi Medis, Rumah Sakit Fortism Noida yakni dr. Ishu Gupta.

“Langkah terpenting yang harus diambil menjauhi asap rokok. Berhenti merokok dapat mengurangi risiko kanker paru-paru sebesar 30 hingga 50 persen selama 10 tahun ke depan,” katanya.

“Jika anda tidak merokok tetapi memiliki paparan asap rokok, anda juga berisiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru. Ini disebut sebagai merokok bekas. Jadi tidak hanya penting untuk tidak merokok, tetapi juga sama pentingnya untuk menjauh dari orang-orang yang merokok di sekitar anda,” katanya lebih lanjut.

Selain rokok dan asapnya, faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan untuk meminimalisir risiko kanker paru-paru yakni paparan polutan yang berbahaya.

“Misalnya, paparan asbes, radon, dan silica harus diminimalkan. Anda dapat terpapar zat-zat ini di tempat kerja anda, atau kadang-kadang di rumah anda. Ada layanan komersial yang tersedia yang dapat membantu anda menguji tempat anda untuk paparan radon,” kata Dr Gupta.

Untuk mencegahnya juga bisa dilakukan dengan olahraga seperti yoga dan memakan makanan bergizi untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

“Bagian penting lainnya dari pencegahan kanker paru-paru adalah mendeteksinya sejak dini. Dengan penelitian bertahun-tahun, telah direkomendasikan bahwa orang yang merupakan perokok kronis harus menjalani CT scan dosis rendah dada untuk menyaring kanker paru-paru. Radiasi yang dipancarkan dari ini minimal dan aman untuk tubuh anda, membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit dan tidak menimbulkan rasa sakit. Ini dapat membantu mengidentifikasi kanker paru-paru pada tahap awal, dan dengan demikian meningkatkan peluang keberhasilan dengan pengobatan,” ujar dr. Ishu Gupta.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022