APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Enam Jenis Makanan Pembersih Paru-paru yang Wajib Diketahui
PDPI Jatim, 30 Jul 2022 23:34:01

Paru-paru merupakan organ yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup seseorang dalam proses pernapasan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Mengutip alodokter.com, selain menerapkan pola hidup sehat seperti berhenti merokok dan rajin berolahraga, beberapa jenis makanan juga dikenal baik untuk membersihkan paru-paru. Apa saja jenis makanan tersebut, berikut ulasannya;

1. Buah-buahan

Buah-buahan menjadi jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk membersihkan paru-paru. Hal ini karena buah banyak mengandung nutrisi seperti nitrat, kalium, Vitamin C, flavonoid, beta karoten, lutein, dan berbagai macam antosianin yang baik bagi paru-paru. Adapun buah yang direkomendasikan berupa apel, jeruk, bit, dan buah beri.

2. Sayur-sayuran

Macam-macam jenis sayuran juga dipercaya dapat sebagai makanan pembersih paru-paru, mulai dari paprika, kol merah, hingga tomat. Sebab, pada buah tersebut terkandung vitamin C, likopen, antosianin, serat, dan magnesium yang ampuh dalam membersihkan paru-paru.

3. Kacang-kacangan

Kacang edamame, brazil, almond, dan mete merupakan kacang yang banyak dijadikan sebagai cemilan. Siapa sangka, cemilan tersebut ternyata dapat dijadikan sebagai pembersih paru-paru. Diketahui, kandungan nutrisi dalam kacang tersebut berupa isoflavin, selenium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan paru-paru.

4. Kunyit

Kunyit termasuk dalam rempah yang bisa dijadikan makanan pembersih paru-paru. Hal ini karena kandungan senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Disebutkan dalam sebuah penelitian bahwa terjadi peningkatan fungsi paru-paru sebesar 9 persen pada perokok yang mengonsumsi senyawa kurkumin.

5. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya mulai dari yoghurt dan keju mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan selenium yang diketahui membantu membersihkan paru-paru. Nutrisi tersebut bahkan dipercaya menjaga kesehatan dan fungsi paru-paru. Oleh sebab itu, mengonsumsi susu dan produk olahannya akan berdampak baik bagi kesehatan paru-paru.

6. Makanan Laut

Sea Food atau makanan laut ternyata sangat baik untuk membersihkan paru-paru. Hal ini karena kandungan zinc, selenium, kalsium, zat besi. dan vitamin B. Selain itu, nutrisi tersebut juga mengurangi gejala asma dan menurunkan risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis. Adapun jenis makanan laut yang dianjurkan yakni ikan teri dan tiram. 

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022