APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Lakukan Dengan Rutin, Ini 5 Cara Menjaga Organ Pernapasan
PDPI Surakarta, 04 Ags 2022 07:30:29

Paru-paru memiliki peran yang sangat penting bagi proses pernapasan manusia. Sistem pernapasan berfungsi memberi oksigen ke setiap sel di tubuh.

Namun faktanya, secara alami paru-paru mulai kehilangan beberapa fungsi setelah usia 35 tahun, dan kapasitasnya menurun secara bertahap seiring bertambahnya usia.

Hal ini disebabkan melemahnya otot dan jaringan paru-paru kehilangan elastisitas. Namun, ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk menjaganya tetap sehat.

Seperti yang dilansir dari Health Focus, berikut ini ada beberapa car yang bisa Anda lakukan untuk menjaga organ pernapasan, antara lain: 

Lakukan latihan kardiovaskular

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan pernapasan, maka sertakan latihan kardiovaskular dalam rutinitas latihan Anda.

Latihan ini tidak hanya akan membantu meningkatkan sistem pernapasan, tetapi juga akan membuat tubuh tetap bugar.

Berhenti merokok

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema.

Asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan membuat pernapasan lebih sulit. Ini menyebabkan peradangan kronis, atau pembengkakan di paru-paru, yang dapat menyebabkan bronkitis kronis. 

Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin juga menjadi jawaban dari bagaimana cara merawat organ pernapasan. Olahraga memang menjaga tubuh agar tetap bugar, termasuk paru-paru.

Saat Anda berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan paru-paru bekerja lebih keras.

Mengonsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang bernutrisi memberikan energi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk mempengaruhi kesehatan paru-paru.

Nutrisi yang tepat dapat membantu pernapasan lebih mudah dan bisa mencegah gejala asma. Ini juga menjadi tips untuk bagaimana cara merawat organ pernapasan

Tertawa

Lewat tertawa, Anda dapat mengembalikan keseimbangan pikiran dan tubuh. Tertawa juga bisa meningkatkan suasana hati, memperkuat imun tubuh, dan melindungi diri dari stres.

Cara merawat organ pernapasan lewat tertawa adalah olahraga yang baik untuk melatih otot perut dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Itulah, beberapa cara merawat organ pernapasan agar tetap sehat yang bisa rutin Anda lakukan agar bisa merasakan manfaatnya. Semoga berguna!

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022