APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Musim Hujan Segera Tiba, IDI Imbau Waspadai 3 Penyakit Ini
PDPI Jatim, 17 Sep 2022 11:41:00

Dokter Spesialis Paru dan Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan menghimbau masyarakat untuk mewaspadai tiga penyakit yang biasa muncul saat musim hujan.

Menurutnya, ada tiga penyakit yang biasa menjangkiti masyarakat saat musim penghujan yakni: * Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) * Batuk bronkitis * Asma Lebih lanjut, ia menjelaskan cuaca seperti ini paling banyak penyakit yang dikeluhkan masyarakat adalah ISPA dan bronkitis. "Biasanya banyak ISPA, bronkitis, dan Asma. Cuaca seperti ini itu bisa menjadi pemicu mulailah batuk mulai juga kalau asma," ujar dr Erlina Burhan dalam Webinar Vaksinasi Booster di Gedung Astrazeneca, Kamis 15 September 2022.

Dalam pencegahannya, dr Erlina mengungkap ada tiga langkah yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi gizi seimbang, istirahat, dan kelola stres.

Sebagaimana dijelaskannya, ketika musim hujan segala aktivitas tetap berjalan, sehingga perlu menjaga sistem imun. Hal itu bisa didapatkan dengan pola makan yang sehat, serta tidak melupakan istirahat yang cukup.

"Jadi kalau musim hujan tiba, supaya kita tidak sakit, pertama kita bisa menghindari hujan. Bukan kita menghindar tapi pertahanan tubuh kita yang diperkuat," ungkapnya.

Dalam memperkuat sistem imun tubuh adalah dengan gizi yang baik, seimbang dan istirahat yang cukup.

"Karena kalau istirahatnya tidak cukup maka sistem imun turun. Stres juga harus dikelola," pungkasnya.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022