APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Kenali Lima Kelompok Orang Beresiko Terjangkit Kanker Paru-paru
PDPI Lampung & Bengkulu, 16 Nov 2022 07:28:28

Kanker paru adalah semua penyakit keganasan pada jaringan paru yang berasal dari sel-sel dalam maupun luar paru-paru. Penyakit ini terjadi ketika perubahan pada jaringan dalam paru yang memicu munculnya sel abnormal dan berkembang secara tidak terkendali.

Jika anda mengalami gejala batuk yang berlebihan, sebaiknya jangan diabaikan. Apalagi jika disertai dengan munculnya darah pada dahak atau lendir, karena kondisi tersebut bisa menandakan kanker paru.

Berikut ini kelompok orang yang berisiko tinggi mengalami penyakit kanker paru dirangkum dari Halodoc, yaitu:

1.Perokok Aktif

Merokok sejauh ini merupakan faktor terbesar beresiko utama terkena kanker paru-paru. Menurut laman American Cancer Society, sekitar 80 persen kematian akibat kanker paru-paru diperkirakan akibat merokok. 

Dan jumlah tersebut mungkin bisa lebih tinggi untuk kanker paru-paru sel kecil (SCLC). Semakin lama seseorang merokok dan semakin banyak rokok yang dihabiskan dalam sehari, semakin besar risiko terkena kanker paru-paru.

2. Perokok Pasif

Jika anda tidak merokok, namun menghirup asap rokok orang lain maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Orang seperti ini disebut perokok pasif. 

Meski keduanya sama-sama merugikan kesehatan, tapi sebagai perokok pasif lebih berbahaya untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan seseorang yang merokok hanya sebagian kecil saja asap yang masuk ke tubuh dan paru-paru. 

Sementara asap yang dihembuskan, terbang ke udara dan bisa secara langsung terhirup oleh orang lain selaku perokok pasif. Terdapat setidaknya 7.000 zat kimia pada asap rokok, minimal 250 di antaranya diketahui merugikan kesehatan.

3. Orang yang Sering Terpapar Polusi Udara

Di kota-kota besar, polusi udara dapat sedikit meningkatkan risiko kanker paru-paru. Risiko ini jauh lebih kecil daripada risiko yang disebabkan oleh merokok, tetapi harus tetap diwaspadai.

4. Orang yang Terkena Paparan Asbes

Orang yang bekerja dengan asbes, seperti di tambang, pabrik, pabrik tekstil, tempat di mana insulasi digunakan, dan galangan kapal. Beberapa kali orang-orang bekerja lebih mungkin meninggal karena kanker paru-paru. 

Biasanya orang yang terpapar asbes dalam jumlah besar juga memiliki risiko lebih besar terkena mesothelioma. Mesothelioma sejenis kanker yang dimulai di pleura (lapisan yang mengelilingi paru-paru). 

5. Orang dengan Faktor Genetik

Waspadalah jika anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker paru-paru. Saudara laki-laki, saudara perempuan, dan anak-anak dari orang yang pernah mengidap kanker paru-paru memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022