APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Makanan Lezat & Sehat
PDPI Sulawesi Selatan & Utara, 21 Jan 2023 11:15:48

Cara membersihkan paru-paru itu beragam. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk bisa membersihkan paru-paru dari racun. Bahkan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat saja bisa membantu menghilangkan racun di dalam paru-paru.

Manusia harus bernapas agar bisa bertahan hidup. Organ pernapasan dari manusia sendiri adalah paru-paru.

Perannya yang sangat penting tersebut membuat paru-paru menjadi salah satu organ vital dalam tubuh. Sayangnya paru-paru juga tidak bebas dari ancaman racun dan penyakit.

Namun demikian, Anda bisa mencoba untuk membersihkan paru-paru dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Makanan

Membersihkan paru-paru menjadi hal yang sangat penting. Apalagi saat ini polusi udara semakin parah sehingga bisa menumpuk dan menjadi racun di dalam tubuh.

Paru-paru menjadi salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh. Ketika paru-paru terserang racun atau penyakit, maka fungsi tubuh juga akan terganggu.

Organ ini akan menghirup udara dan kembali mengeluarkannya. Ketika menghirup polusi udara terlalu sering, maka akan berdampak buruk pada kondisi paru-paru.

Apalagi untuk para perokok yang tidak bisa berhenti merokok, tentu saja kondisi paru-paru semakin menderita karena penumpukan racun di dalamnya.

Fungsi Paru-Paru pada Manusia

Paru-paru menjadi bagian dari organ respirasi atau pernapasan pada manusia. Organ ini berhubungan langsung dengan sistem pernapasan dan sirkulasi atau peredaran darah.

Fungsi utama dari organ ini adalah untuk menukar oksigen yang ada di udara dengan karbon dioksida dari darah. Itulah kenapa, pernapasan manusia akan menghasilkan karbon.

Masalahnya adalah, polusi di udara bisa saja terhirup oleh paru-paru. Polusi tersebut tentu menjadi racun yang mematikan jika terus menumpuk.

Namun demikian, ada beberapa cara membersihkan paru-paru yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Apa Obat Alami Membersihkan Paru-Paru?

Obat alami untuk membersihkan paru-paru dari racun tentu saja makanan-makanan sehat. Berikut ini beberapa daftar makanan tersebut:

1. Konsumsi Ikan Berlemak

Ikan tinggi lemak sangat baik untuk kesehatan paru-paru karena mengandung omega-3 di dalamnya. Kandungan omega-3 tersebut berfungsi sebagai asam lemak tak jenuh yang bersifat antikarsinogenik, anti inflamasi, dan anti oksidatif untuk melindungi paru-paru.

2. Apel

Rutin mengonsumsi apel juga bisa membersihkan paru-paru. Dalam penelitian di sebuah rumah sakit di London terhadap 2.500 lebih pria berusia 45-49 tahun, paru-paru yang berfungsi baik berkaitan erat dengan asupan beta karoten serta vitamin C dan E yang tinggi seperti pada apel.

3. Buah Bit

Buah bit memiliki senyawa yang dapat membuat fungsi baru semakin optimal, yaitu nitrat. Mengonsumsi nitrat menjadi cara membersihkan paru-paru dari racun, mengendurkan pembuluh darah, dan mengoptimalkan penyerapan oksigen.

4. Blueberry

Di dalam blueberry terdapat kandungan antioksidan dan juga vitamin C. kandungan tersebut ampuh untuk membersihkan paru-paru.

Itulah kenapa, blueberry ampuh memberantas kerusakan paru-paru akibat serangan radikal bebas yang berbahaya.

5. Kacang-kacangan

Paru-paru membutuhkan kadar hemoglobin agar bisa menyebarkan oksigen secara optimal. Kacang-kacangan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hemoglobin pada darah tersebut, salah satunya kacang kenari.

6. Kunyit

Rempah yang terkenal sebagai antioksidan dan anti inflamasi ini juga bisa menjadi cara membersihkan paru-paru. Senyawa kurkumin kunyit juga mampu meredakan peradangan di saluran pernapasan.

7. Bawang Putih

Sifat anti inflamasi dan kadar allicin bawang putih ampuh untuk membersihkan paru-paru dan melawan infeksi serta peradangan.

8. Air Putih

Mengonsumsi air putih sesuai anjuran, minimal 8 gelas setiap hari juga mampu membersihkan paru-paru dari racun.

9. Teh Hijau

Selain air putih, minuman ini juga mampu membersihkan paru-paru karena memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Apa Saja Efek dari Penyakit Paru-Paru?

Ketika racun menumpuk di dalam paru-paru, maka akan menimbulkan berbagai penyakit. Penyakit tersebut tentunya menciptakan efek pada tubuh.

Efek dari penyakit paru-paru yang paling umum adalah batuk sesak napas. Selain itu, penderita sakit paru-paru juga bisa merasakan demam yang menyebabkan kemunculan banyak keringat.

Orang yang terkena penyakit paru-paru juga bisa kekurangan energi karena penyebaran oksigen tidak maksimal. Jika penyakit paru-paru semakin parah, rasa nyeri pada dada atau saat bernapas juga akan muncul dan sangat mengganggu.

Itulah kenapa cara membersihkan paru-paru harus Anda lakukan agar tidak terjadi penumpukan racun hingga membahayakan tubuh.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022