APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
4 Cara Kurangi Risiko Kanker Paru-Paru, Diantaranya Hindari Rokok dan Paparan Polusi Udara
PDPI Surakarta, 01 Okt 2023 17:33:07

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit mematikan yang perlu diwaspadai. Faktor risiko penyakit kanker paru-paru cukup beragam, mulai dari riwayat kesehatan keluarga, perokok aktif dan pasif, serta terpapar bahan kimia berbahaya.

Agar kesehatan paru-paru senantiasa terjaga, penting untuk mengetahui cara mengurangi risiko kanker paru-paru seperti yang telah dirangkum berikut ini.

1. Berhenti Merokok dan Hindari Asap Rokok

Perokok aktif maupun pasif memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru dibanding yang tidak merokok.

Dalam penelitian New England Journal of Medicine disebutkan bahwa seseorang yang berhenti merokok sebelum usia 40 tahun dapat menurunkan risiko kematian akibat rokok sebesar 90%, lho. Selain mengurangi risiko kanker paru, berhenti merokok juga menjadi upaya pencegahan terhadap penyakit stroke.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghentikan kebiasan merokok supaya terhindar dari risiko kanker paru-paru dan penyakit lainnya. 

2. Hindari Paparan Gas Radon

Faktor lain yang dapat memicu kanker paru-paru adalah terkena paparan gas radon. Radon merupakan gas radioaktif yang dilepaskan saat uranium yang ada di bebatuan dan tanah mengalami kerusakan. Gas radon dapat masuk ke dalam rumah melalui retakan dinding, lantai, maupun pondasi.

Lebih lanjut, gas radioaktif ini dapat meresap ke dalam pasokan air dan udara. Dalam jangka panjang, gas radioaktif yang menumpuk di rumah dapat menyebabkan risiko kanker paru-paru.

Untuk mencegahnya, perlu dilakukan pengujian yang melibatkan tenaga profesional untuk mendeteksi kebocoran gas radon di sekitar tempat tinggal.

3. Teratur Berolahraga

Selain menghindari paparan bahan kimia, gas radioaktif, dan asap rokok, cara mengurangi risiko kanker paru-paru dapat dilakukan dengan olahraga secara teratur.

Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko kanker paru-paru dapat menurun sebanyak 20-50 persen untuk laki-laki dan 20-30 persen untuk perempuan yang rutin melakukan aktivitas fisik.

Olahraga secara teratur juga terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Tak hanya itu, olahraga juga bermanfaat mengurangi peradangan, meningkatkan kemampuan untuk memperbaiki DNA, dan mengurangi tingkat karsinogen di paru-paru.

4. Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah

Menjaga kesehatan paru-paru juga harus dilakukan dengan meningkatkan kualitas udara di rumah. Terlebih jika ada anggota keluarga yang merokok. Jangan sampai gaya hidup sehat yang sudah diterapkan jadi tidak bermanfaat karena kualitas udara yang buruk.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022