APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Batuk Tak Henti-Henti? Cek Tanda-Tanda Paru-Paru Bermasalah Disini!
PDPI Sumatera Utara, 08 Feb 2024 00:16:16

Jangan remehkan gangguan dengan memperhatikan tanda-tanda penyakit paru-paru dan gejala apa pun yang menunjukkan bahwa paru-paru mungkin tidak sehat.

Deteksi dini dapat membantu mengelola dan mengobati kondisi seperti penyakit paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan bahkan kanker paru-paru.

“Jika Anda terus mengalami gejala sama, sebaiknya Anda memeriksakan diri lebih dalam, terutama jika Anda seorang perokok atau mantan perokok atau memiliki faktor risiko lain,” kata Miguel Villalona-Calero, MD, wakil direktur dan kepala petugas ilmiah di Miami Cancer Institute, Miami. 

Lalu, bagaimana  mengetahui tanda-tanda paru-paru bermasalah 

1. Dada Nyeri Dalam Jangka Waktu Lama 

Nyeri di area dada yang berlangsung lebih dari sebulan bisa jadi merupakan tanda penyakit paru-paru yang serius, seperti penyakit paru-paru.

Hal yang perlu diwaspadai terlebih jika nyeri bertambah parah saat bernapas dalam-dalam, batuk, atau tertawa karena ini bisa menjadi gejala kanker paru-paru.

2. Produksi Dahak Berlebihan

Dahak di tenggorokan atau dada yang bertahan selama sebulan atau lebih bisa menandakan penyakit paru-paru. Menurut American Lung Association, dahak diproduksi oleh saluran udara sebagai pertahanan terhadap infeksi atau iritasi. 

3. Nafas yang Berbunyi

Jika ada bunyi saat Anda bernafas, bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang menghalangi gelombang udara di paru-paru  atau menyebabkannya menyempit.  Paling umum, hal ini terlihat pada asma, tetapi juga dapat terlihat pada pneumonia, bronchitis.

4. Batuk Terus Menerus

Meskipun batuk yang berlangsung selama beberapa minggu adalah hal yang normal karena hal-hal seperti bronkitis atau flu, batuk kronis terus menerus berarti sesuatu yang serius sedang terjadi di dalam paru-paru Anda.

Batuk terus-menerus hanyalah salah satu gejala yang terkait dengan kanker mesothelioma, dan mereka yang rentan terpapar asbes harus memantau kesehatannya sesering dan secepat mungkin, karena penyakit ini dapat berkembang cukup pesat

Terkadang, gejala ini adalah tanda infeksi paru-paru, asma, atau fibrosis paru dan harus dievaluasi oleh spesialis paru-paru.

5. Bengkak dan Nyeri Pada Kaki

Bengkak dan nyeri pada kaki dapat menjadi tanda-tanda penggumpalan darah yang lebih serius di kaki yang dapat menyebar ke paru-paru dan menyebabkan masalah serius.

6. Cepat Lelah 

Kelelahan dan kantuk karena proses bernapas lebih sulit bahkan dapat menyebabkan seseorang alami sleep apnea, penyakit yang dapat menyebabkan gangguan tidur.  Individu yang alami masalah pada paru-paru memiliki kadar oksigen rendah di siang hari.

Gejala yang muncul termasuk masalah memori dan konsentrasi, mendengkur, pernapasan sulit bernapas, sakit kepala di pagi hari, dan mulut kering

7. Batuk Darah

Jika batuk darah, maka terjadi kondisi sakit serius.  

Penyebab paru yang paling umum dari gejala ini adalah bronkitis akibat infeksi meski Namun, penyebab batuk darah (hemoptisis) yang paling mengancam jiwa adalah kanker paru-paru.

8. Sesak Napas

Sesak napas bisa disebabkan oleh asma fibrosis paru, dan hipertensi paru.

Rentang waktu terjadinya sesak napas juga dapat membantu menentukan penyebabnya.

Salah satu penyebab sesak napas yang dapat terjadi dengan cepat dan mengancam jiwa adalah emboli paru, yang dapat terjadi dengan atau tanpa nyeri dada

9. Penurunan Berat Badan

Perubahan berat badan yang tidak jelas sebabnya dapat dikaitkan dengan peningkatan upaya bernapas.

Tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk bernapas. “Infeksi pernafasan kronis seperti mycobacterium avium complex (MAC) dapat menyebabkan penurunan berat badan, namun MAC biasanya memiliki tanda dan gejala terkait lainnya selain temuan radiografi pada pencitraan paru-paru,” kata Tan. Ia menambahkan bahwa alasan lain yang mengkhawatirkan, terutama pada perokok, adalah kanker paru-paru.

10. Infeksi Pernafasan Terus Menerus

Infeksi seperti bronkitis dan pneumonia yang tidak kunjung sembuh menjadi tanda serius, bahkan bisa jadi gejala.

Salah satu alasan terjadinya infeksi ulang ini mungkin karena tumor paru-paru membatasi saluran napas.

Jangan tunda dan anggap remeh karena gangguan pada paru-paru dapat berimbas pada penyakit kronis lainnya!

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022